Rapat Kerja Teknis Pemasyarakatan 2024: Meningkatkan Kinerja dan Akuntabilitas

CoverJakarta, PAS_Info - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan turut serta dalam upaya peningkatan kinerja dan akuntabilitas di dalam pelaksanaan tugas dan fungsi pemasyarakatan pada Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pemasyarakatan Tahun 2024 yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas), yang dimulai pada (27/02/2024).

3

Bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rakernis berlangsung mulai 27 hingga 29 Februari 2024, dengan tema "Pemasyarakatan Pasti Berdampak". Sekretaris Ditjenpas, Anak Agung Gde Krisna, menjelaskan bahwa agenda Rakernis melibatkan penyampaian materi dari berbagai narasumber dan disertai dengan diskusi. Output yang diharapkan adalah terciptanya Dokumen Manajemen Resiko di bidang Pemasyarakatan, yang diharapkan mampu mengatasi hambatan dan meningkatkan akuntabilitas dalam mencapai kinerja.

Dalam laporannya, Anak Agung Gde Krisna menyatakan harapannya terkait analisis risiko yang dapat mencerminkan fenomena di lapangan. Hal ini diharapkan dapat menciptakan kesamaan persepsi, baik di tingkat pusat, wilayah, maupun UPT Pemasyarakatan, untuk menyusun strategi pengendalian risiko yang efektif.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan, dalam sambutannya dan pembukaan resmi Rakernis, menegaskan pentingnya Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) untuk mencapai peningkatan kinerja dan akuntabilitas pelaksanaan tugas dan fungsi Pemasyarakatan.

Rapat Kerja Teknis Pemasyarakatan Tahun 2024 dianggap penting untuk memastikan bahwa sistem pemasyarakatan dapat menjalankan tugasnya dengan efektif, merumuskan langkah-langkah strategis, dan menghasilkan dampak positif bagi masyarakat.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan memberikan arahan kepada Kepala Divisi Pemasyarakatan untuk memastikan pencapaian target kinerja, pengelolaan keuangan, dan kualitas pelayanan di UPT Pemasyarakatan sesuai dengan waktu yang ditargetkan.

Said Mahdar, menyatakan komitmennya untuk mengimplementasikan hasil Rakernis. "Kita berkomitmen untuk menerapkan hasil dalam kegiatan rakernis ini, ini nantinya juga dapat menjadi landasan kita dalam mengambil langkah ke depan untuk Pemasyarakatan yang lebih maju khususnya di wilayah UPT Pas Wilayah Kalimantan Selatan," ungkapnya.

Rakernis Pemasyarakatan Tahun 2024 dihadiri oleh Pimpinan Tinggi Ditjenpas, para Kepala Kantor Wilayah perwakilan, para Kepala Divisi Pemasyarakatan, PK Ahli Utama, dan para Kepala UPT. Rakernis diharapkan menjadi wadah bertukar pikiran dan berdiskusi untuk memberikan kinerja terbaik Pemasyarakatan, sehingga kualitas pemasyarakatan semakin meningkat dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. (Kontributor PAS: Ridha, foto: Kumham/korantangerang.com, ed: Eko/Arie)

CoverCoverCover


Cetak   E-mail