Sinergi Pengamanan Pemilu di Lapas Rutan Se-Kalsel: Kadivpas Jalin Kerja Sama dengan Kapolda Kalsel

1Banjarmasin, Humas_Info - Dalam upaya meningkatkan sinergi dan kerjasama antar lembaga penegak hukum, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan jalin silaturahmi dengan Polda Kalsel, pada Senin (12/02/2024).

Disambut hangat langsung oleh Kapolda Kalsel, Irjen Pol Winarto, pertemuan tersebut bertujuan dalam upaya menjaga dan memastikan kelancaran pelaksanaan Pemilu yang damai pada Lapas Rutan se-Kalimantan Selatanyang akan dilaksanakan beberapa hari mendatang.

Dalam pertemuan yang digelar langsung dari ruang kerja Kepala Polda Kalsel tersebut, Kadivpas, Said Mahdar dan Kapolda Kalsel, Irjen Pol Winarto, menyampaikan komitmen bersama untuk memperkuat kerja sama dalam berbagai aspek, terutama yang berkaitan dengan keamanan saat berlangsungnya Pemilu nanti.

Komitmen untuk menciptakan lingkungan yang aman dan terkendali selama periode Pemilu menjadi fokus utama dalam pertemuan tersebut, berdiskusi tentang strategi pencegahan potensi gangguan keamanan, serta bagaimana memastikan partisipasi yang aman dan tertib dari warga binaan dalam proses pesta demokrasi berlangsung.

Menurut Kadivpas, Said Mahdar, upaya pencegahan dari ancaman gangguan keamanan dan ketertiban membutuhkan kolaborasi yang erat antara lembaga pemasyarakatan dan kepolisian.

"Upaya ini dilakukan guna mencegah potensi gangguan keamanan dan memastikan bahwa setiap warga binaan dapat melaksanakan hak pilihnya tanpa hambatan. Kami akan bekerja sama dengan seluruh jajaran kepolisian untuk melakukan upaya preventif dan deteksi dini," ungkapnya.

Pertemuan tersebut juga menjadi momentum bagi kedua belah pihak untuk menyepakati langkah-langkah yang akan diambil guna memperkuat kerjasama dalam hal peningkatan keamanan. Diharapkan pelaksanaan Pemilu 2024 di TPS khusus Lapas dan Rutan selalu kondusif sehingga dapat berjalan lancar dan semua warga binaan yang terdaftar sebagai pemilih dapat berpartisipasi dalam menentukan arah demokrasi negara. (Kontributor Pas: Ridho, Ed: Eko/Arie)

5555


Cetak   E-mail