Kanwil Kemenkumham Kalsel Gelar Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Kabupaten Tanah Bumbu

WhatsApp Image 2024 02 05 at 18.19.53

Tanah Bumbu, Imigrasi_Info – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Divisi Keimigrasian dan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin menggelar kegiatan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2024. Dalam rangka mendukung suksesnya Pemilu 2024, Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar rapat di Hotel Ebony, Seroja Hall II, pada hari Senin, (05/12).

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Divisi Keimigrasian Kemenkumham Kalimantan Selatan, Dewanto Wisnu Raharjo, perwakilan instansi terkait di Kabupaten Tanah Bumbu, dan perwakilan Komisioner KPU Kabupaten Tanah Bumbu.
Rapat TIMPORA Kabupaten Tanah Bumbu dibuka langsung oleh Bapak M. Putu Wisnu Wardhana, Staf Ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu. Dalam sesi narasumber, Dewanto Wisnu Raharjo, Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Divisi Keimigrasian Kemenkumham Kalimantan Selatan, dan Ayu Tyas Lysa, Komisioner KPU Bidang Data dan Perencanaan Informasi Kabupaten Tanah Bumbu, memberikan wawasan yang mendalam terkait dengan tema "Sinergitas TIMPORA dalam Mendukung Suksesnya Pemilu 2024".

Dewanto menekankan pentingnya netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pesta demokrasi, “Dalam pandangan saya, netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki peran krusial dalam memastikan demokrasi kita berjalan dengan baik. Saya berharap demokrasi ini tidak hanya membahagiakan, tetapi juga bersifat jurdil, menciptakan suasana yang sejuk bagi seluruh masyarakat Indonesia. Selanjutnya, mari kita bersama-sama mengakui tanggung jawab bersama dalam pengawasan terhadap orang asing. Ini bukan hanya tugas Imigrasi, tetapi merupakan tanggung jawab kolektif seluruh anggota TIMPORA Kabupaten Tanah Bumbu”, ujarnya.

Selanjutnya, penjelasan diberikan mengenai pentingnya pengawasan terhadap orang asing, yang menjadi tanggung jawab bersama tidak hanya oleh Imigrasi, tetapi seluruh anggota TIM PORA Kabupaten Tanah Bumbu.

“Melalui sinergi dan pertukaran informasi, kita dapat mengidentifikasi potensi-potensi kerawanan yang mungkin timbul pada Pemilu 2024, khususnya terkait pengawasan orang asing di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu," tambahnya.

Sebagai narasumber kedua, Ayu Tyas Lysa mengungkapkan rinciannya terkait persiapan yang telah dilakukan oleh KPU untuk suksesnya pesta demokrasi pada 14 Februari 2024. Langkah-langkah tersebut mencakup pelaksanaan pelatihan dan bimbingan teknis menyeluruh bagi seluruh petugas KPPS di Kabupaten Tanah Bumbu, pendataan Daftar Pemilih Tetap (DPT), serta penyebaran informasi terkait persyaratan dan alur bagi masyarakat yang akan mengikuti pemilihan umum.

Tak hanya itu, penyaluran logistik pemilu, terutama di desa-desa dan kecamatan terluar dan terjauh di Kabupaten Tanah Bumbu, telah dilaksanakan dengan sukses. KPU terus menjaga koordinasi yang erat dengan berbagai instansi terkait, termasuk Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin, guna memastikan distribusi logistik berjalan lancar dan merata hingga tingkat desa.

“Dalam semangat menjaga keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024, KPU Kabupaten Tanah Bumbu tetap memegang teguh komitmennya untuk terus berkoordinasi dan bersinergi dengan instansi terkait. Fokus utama dalam upaya ini adalah dalam pengawasan terhadap orang asing di wilayahnya, menjadikan Pemilu 2024 berjalan dengan lancar, aman, dan demokratis,” tuturnya.

“Semua pihak diharapkan dapat bekerja sama secara sinergis demi menjamin suksesnya pesta demokrasi pada 14 Februari 2024 yang berjalan dengan jujur dan adil. Rapat TIM PORA Kabupaten Tanah Bumbu di Hotel Ebony hari ini merupakan langkah konkret dalam mencapai tujuan tersebut,” pungkas Ayu. (Kontributor Keimigrasian / Reny, ed : Eko, Yusika)

WhatsApp Image 2024 02 05 at 18.19.54 1

WhatsApp Image 2024 02 05 at 18.19.54

WhatsApp Image 2024 02 05 at 18.19.53 1

WhatsApp Image 2024 02 05 at 18.19.55


Cetak   E-mail