Melangkah Semakin PASTI dan Berakhlak di Tahun 2024, Kakanwil Kemenkumham Kalsel Gelar Rapat Konsolidasi

8 RAPAT 10

Banjarmasin, Humas_Info – Sambut optimis tahun 2024 untuk sinergi yang Semakin PASTI dan Berakhlak Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan, Faisol Ali memimpin secara langsung rapat bersama para Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional Tertentu (JFT) yang dilaksanakan pada hari Senin (8/1/24) bertempat di Balai Pertemuan Garuda.

Kegiatan rapat tersebut bertujuan untuk memberikan penguatan terkait Evaluasi Capaian Tahun Anggaran (T.A.) 2023 dan persiapan pelaksanaan kegiatan T.A. 2024.

Kegiatan rapat ini dimoderatori oleh Junita Sitorus selaku Kepala Divisi Keimigrasian yang sekaligus merangkap sebagai Plt. Kepala Divisi Administrasi.

Pada awal pertemuan, Kakanwil menyampaikan evaluasi terhadap realisasi anggaran yang dibedah satu per satu oleh Kakanwil, menunjukkan komitmen untuk memastikan efisiensi dan optimalisasi penggunaan anggaran.

Capaian Indeks Kinerja Pelayanan (IKPA) Kanwil Kemenkumham Kalsel beserta Unit Pelaksana Teknis (UPT) juga menjadi perhatian utama Kakanwil. Upaya dioptimalkannya capaian ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik dan mencapai standar yang lebih baik.

Selanjutnya, terkait pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalsel menjadi fokus utama tahun 2024. Dengan satu UPT yang telah meraih predikat WBK pada tahun 2023, Kakanwil menegaskan pentingnya peningkatan prestasi pada tahun yang akan datang.

Dalam paparannya, Kakanwil mengungkapkan bahwa terdapat 52 rencana aksi yang disusun dalam Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakor Pimti) dan terbagi dalam 4 Divisi di Kanwil.

“Rencana aksi ini diarahkan untuk meningkatkan kinerja dan efektivitas dalam mendukung visi dan misi Kemenkumham,” paparnya.

Selanjutnya, Kakanwil menguraikan 8 langkah strategis dalam rangka pengelolaan dan kesiapan T.A. 2024, dengan tujuan mencapai target kinerja keuangan Kemenkumham yakni:
1. Tingkatkan kualitas perencanaan;
2. Tingkatkan kedisiplinan dalam laksanakan rencana kegiatan;
3. Akselerasi pelaksanaan program/kegiatan/proyek;
4. Akselerasi/ percepatan pelaksanaan pengadaan barang/jasa;
5. Tingkatkan akuntabilitas pelaksanaan dan pertanggungjawaban hibah langsung dalam negeri dalam bentuk uang;
6. Prioritaskan dan kawal penyelesaian program/giat yg mendukung pencapaian RPJMN 2020-2024;
7. Tingkatkan kualitas belanja melalui peningkatan efisiensi dan efektivitas belanja (value for money);
8. Intens monev serta was secara internal.

Rapat dilanjutkan dengan arahan dari para Kepala Divisi, serta dilakukan sesi diskusi terkait kendala dan hal-hal penting lainnya terkait pelaksanaan tugas dan fungsi di Kanwil Kemenkumham Kalsel. Semua peserta rapat diharapkan dapat berkontribusi untuk memastikan kelancaran pelaksanaan program-program strategis yang telah diusulkan, guna meningkatkan kinerja dan pelayanan publik di wilayah ini. (Humas Kanwil Kemenkumham Kalsel, Teks: Joel, Foto: Joel dan Mahdi, Ed: Eko)

8 RAPAT 108 RAPAT 108 RAPAT 108 RAPAT 108 RAPAT 108 RAPAT 108 RAPAT 108 RAPAT 108 RAPAT 10


Cetak   E-mail