Provinsi Kalimantan Selatan Menjadi Provinsi Teraman Keempat Nasional, Faisol Ali: Kita Syukuri dan Tetap Waspada

3

Banjarmasin, Humas_Info - Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Provinsi Kalimantan Selatan berhasil menduduki peringkat keempat nasional sebagai Provinsi teraman di Indonesia dengan presentase penduduk yang menjadi korban kejahatan diangka 0,36 persen, di bawah Provinsi Bali, Provinsi Sulawesi Barat, dan Provinsi Aceh.

BPS mencatat 10 Provinsi yang masuk sebagai provinsi teraman di Indonesia. Peringkat pertama yaitu Bali dengan angka 0,20 persen. kemudian di susul Provinsi Sulawesi Barat di angka 0,30 persen dan Aceh diangka 0,34 persen, Kalimantan Selatan di angka 0,36 persen, Jawa Timur dan Kalimantan Tengah di angka 0,38 persen, Kalimantan Timur di angka 0,41 persen, Kalimantan Barat di angka 0,42 persen, Gorontalo di angka 0,44 persen dan Kep.Bangka Belitung di angka 0,44 persen.

Menanggapi hal tersebut Faisol Ali selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan mengaku bersyukur di wilayah ini termasuk wilayah yang cukup aman dari kriminalitas.

“Kita bersyukur Provinsi Kalimantan Selatan yang termasuk daerah kental sebagai wilayah yang religius ini menempati peringkat keempat nasional sebagai provinsi teraman, berdasarkan presentase penduduk yang menjadi korban kejahatan di angka 0,36 persen, hal ini tentu kita tidak boleh lengah terhadap kriminalitas dan tetap waspada. Kementerian Hukum dan HAM selalu siap bersinergi dengan penegak hukum di wilayah dalam menjaga kondusifitas dan keamanan di lingkungan provinsi Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Angka yang dirilis BPS mencatatkan bahwa, secara keseluruhan presentase yang diraih Kalimantan Selatan terdiri dari jumlah penduduk yang menjadi korban kejahatan, pencurian, penganiayaan, pencurian dengan kekerasan pelecehan seksual dan lainya di wilayah perkotaan dan perdesaan sejak 1 Januari hingga 31 Desember 2022. (Humas Kemenkumham Kalsel, Data: BPS, teks/foto: Arie, Ed: Eko)


Cetak   E-mail