Sinergi Pemerintah Kota Banjarbaru dan Kemenkumham dalam Peningkatan Layanan Kekayaan Intelektual

1Banjarbaru, KI_Info - Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan Kekayaan Intelektual (KI), Tim Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan melakukan kegiatan koordinasi dengan Pemerintah Kota Banjarbaru pada Kamis (28/12/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama dalam peningkatan layanan pendaftaran KI dan kunjungan ke sentra industri binaan Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru. Tim yang terdiri dari berbagai pihak termasuk Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Riswandi, Kepala Sub Bidang Pelayanan Kekayaan Intelektual, Eka Shanty Maulina beserta staf kantor wilayah berkunjung langsung ke Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru serta Sentra UMKM Cawan Handmade dan Bakul Langkar.

5

Bertemu dengan Plt. Kepala Dinas, Bapak Drs. H. Edy Rosadi, M.M., tim membahas potensi-potensi daerah di Banjarbaru, termasuk peluang indikasi geografis untuk mendapatkan sertifikat.

Tim juga menyerahkan 85 permohonan merk yang diajukan pada tahun 2023, serta 15 sertifikat merk terdaftar dari tahun sebelumnya.

Dalam kunjungan tersebut, tim memberikan apresiasi kepada Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru atas kontribusi positifnya terhadap pendaftaran merek oleh para UMKM. Tim memberikan dorongan aktif agar UMKM terus berkontribusi dan mendaftarkan merek dagangnya.

Tim kemudian melanjutkan kunjungan ke penggiat UMKM Cawan Handmade dan Bakul Langkar yang menghasilkan berbagai produk kerajinan, termasuk rajutan, sulaman, tas, dan souvenir. Di sana, tim memantau dan mengakurasi branding serta memberikan konsultasi terkait proses pendaftaran merek kepada para penggiat UMKM. Tujuannya adalah untuk menjaga dan melindungi hak hukum terkait penggunaan merek oleh para UMKM.

Upaya konsisten dalam perluasan pelayanan Kekayaan Intelektual ini diharapkan dapat mendorong peningkatan pemahaman masyarakat dan dinas terkait akan pentingnya kepemilikan hak merek. Dengan langkah-langkah konkret ini, diharapkan sektor UMKM di Kota Banjarbaru dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan. (Kontributor: Subbid Yan KI, Ed: Eko/Arie)

77777


Cetak   E-mail