Pentingnya Pendaftaran Merek: Kanwil Kemenkumham Kalsel Berikan Edukasi KI pada Adaro Foundation untuk Kemajuan UMKM Tabalong

1

Tabalong, Humas_Info - Menyadari pentingnya perlindungan kekayaan intelektual (KI) dalam mendukung kemajuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan berikan edukasi terkait kekayaan intelektual di Yayasan Adaro Bangun Negeri (Adaro Foundation) pada Kamis, (07/12/2023).

Audiensi dan edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, khususnya pelaku UMKM, mengenai pentingnya perlindungan hukum terhadap kekayaan intelektual, terutama merek.

2

Pada kesempatan tersebut, Kanwil Kemenkumham Kalsel melalui Kepala Subbid Pelayanan KI, Eka Shanty Maulina, memperkenalkan tugas dan fungsi Kemenkumham serta layanan KI yang dapat diakses oleh masyarakat.

Dalam paparannya, Eka Shanty menekankan urgensi pendaftaran merek sebagai langkah perlindungan hukum bagi produk UMKM dari potensi plagiasi.

Aji Rifani, selaku Analis Kekayaan Intelektual, menyampaikan penjelasan mendalam mengenai pentingnya kesadaran akan perlindungan kekayaan intelektual. Ia menyoroti konsep "first to file" dalam pendaftaran merek, di mana yang pertama kali mendaftarkan akan mendapatkan prioritas perlindungan. Hal ini menjadi kunci bagi UMKM untuk melindungi identitas produk mereka.

Pihak Adaro Foundation, Dwi Priyatno Jatmiko selaku CSR PT. Adaro Indonesia secara tegas menunjukkan dukungannya terhadap edukasi dan sosialisasi ini dan menyatakan bahwa sosialisasi lebih lanjut perlu dilakukan agar masyarakat benar-benar memahami pentingnya perlindungan kekayaan intelektual, terutama dalam konteks merek bagi UMKM.

Pilar Adaro Foundation ialah “Nyalakan perubahan - Nyalakan sejahtera” yang diperuntukkan untuk masyarakat pegiat UMK dan juga BUMDES. Adaro Group memiliki SBU untuk program pemajuan perekonomian masyarakat didaerah, khususnya di Kabupaten Tabalong.

"Pendaftaran merek bukan hanya sebagai bentuk legalitas, tetapi juga sebagai langkah nyata mendukung pertumbuhan bisnis UMKM," tambah Eka menguraikan.

Dalam suasana penuh kolaborasi, pihak Adaro Foundation menyampaikan rasa terima kasih atas edukasi yang telah diberikan dan menyatakan kesiapan untuk berkolaborasi dan bekerja sama dengan Kanwil Kemenkumham Kalsel guna mendukung kemajuan UMKM di Kabupaten Tabalong. Sinergi ini diyakini dapat membawa manfaat positif bagi pengembangan ekonomi lokal melalui perlindungan kekayaan intelektual yang lebih baik.

Kerjasama ini menjadi langkah konkret dalam mendukung UMKM dan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan kekayaan intelektual, sebuah langkah positif untuk memajukan sektor ekonomi di Kabupaten Tabalong. (Humas Kemenkumham Kalsel, teks/foto: Arie, ed: Eko)

77777


Cetak   E-mail