Kanwil Kemenkumham Kalsel Ikuti Uji Coba Aplikasi Monitoring Pengawasan dan Pengendalian BMN

WhatsApp Image 2023 12 07 at 15.11.28

Banjarmasin,Humas_Info – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan mengikuti Kegiatan Monitoring Pengawasan dan Pengendalian BMN melalui Zoom Cloud Meeting pada hari ini, Kamis (06/12) di Ruang Rapat Kepala Kantor Wilayah. Kegiatan ini merupakan momentum bagi Biro Pengelolaan BMN untuk melakukan ujicoba terhadap aplikasi yang telah dibangun khususnya dalam rangka menunjang penyusunan Laporan Pengawasan dan Pengendalian Barang Milik Negara (BMN).

Sehubungan dengan hal tersebut, Biro Pengelolaan BMN telah memgembangkan Sistem Informasi Pengelolaan Barang Milik Negara (SIP-BMN) pada Modul Pengawasan dan Pengendalian BMN (Wasdal BMN) yang digunakan oleh seluruh Satuan Kejra dan penyampaiannya dilaporkan secara berjenjang dari Kuasa pengguna Barang sampai dengan Pengguna Barang.

Kepala Bagian Penatausahaan Barang Milik Negara Biro Pengelolaan BMN, Yessy Arverlina menyampaikan, “selama ini laporan wasdal (pengawasan dan pengendalian) selama ini dilakukan secara manual. Untuk itu, seiring berkembangnya teknologi informasi saat ini, Biro Pengelolaan BMN yang bertepatan dengan rangkain penyusunan laporan keuangan melakukan uji coba terhadap aplikasi SIP-BMN (Sistem Informasi Pengeloaan Barang Milik Negara) dan Wasdal BMN (Pengawasan dan Pengendalian Barang Milik Negara),” ujarnya.

Yessy berharap agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat menginventarisir berbagai kendala-kendala yang terjadi selama masa uji coba yang akan dilakukan oleh seluruh operator BMN pada Unit Pelaksana Teknis yang tergabung dalam break out room.

Melalui SIP-BMN Modul Pengawasan dan Pengendalian BMN, diharapkan dapat membantu dalam penyusunan Laporan Pengawasan dan Pengendalian BMN agar ketepatan dan keakuratan data BMN tingkat Kementerian Hukum dan HAM lebih optimal.
Penertiban pengguna barang dilaukan dalam rangka menertibkan penggunaan penatausahaan pengamanan dan pemliharaan atas penggunaan BMN yang berada dalam penguasaannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan bidang Pengelolaan BMN.

Peran SIP BMN (Sistem Informasi Pengeloaan Barang Milik Negara) adalah untuk membantu kompilasi data laporan wasdal secara berjenjang mulai dari tingkat KPB, PPB-W, PPB-Eselon I hingga ke tingkat Kementerian (pengguna barang) atas form A dan form C. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Pengelolaan Keuangan dan BMN, Liyana, dan operator BMN dan Sub Bagian Pengelolaan Keuangan dan BMN. (Humas Kalsel – teks, foto : Yusika, ed: Eko)

WhatsApp Image 2023 12 07 at 15.11.28

WhatsApp Image 2023 12 07 at 15.11.28

WhatsApp Image 2023 12 07 at 15.11.28

WhatsApp Image 2023 12 07 at 15.11.28

WhatsApp Image 2023 12 07 at 15.11.28

WhatsApp Image 2023 12 07 at 15.11.28


Cetak   E-mail