400 Buku Bacaan Menarik Untuk LPP

"Paman Birin" salah satu judul buku yang menarik perhatian jajaran petugas dan wartawan pada penyerahan 400 buah buku dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan kepada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Martapura, Kamis (02/07). Genre buku yang berbeda-beda ini dimaksudkan untuk menambah bahan bacaan yang tersedia di Perpustakaan Mini Lapas Permata.
Buku-buku yang dibawa langsung oleh Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan bersama jajaran itu dimaksudkan untuk rolling bahan bacaan.
Rolling bahan bacaan yang dilakukan rutin setiap bulannya itu bertujuan agar bahan bacaan di perpustakaan LPP Martapura lebih kaya referensi, terbaru, dan mengikuti perkembangan informasi aktual.
Hingga saat ini, antusias Warga Binaan LPP Martapura bisa dikatakan cukup tinggi. Dijelaskan oleh pengelola Perpustakaan Mini, Indah Maulidah bahwa setiap jadwal peminjaman buku perpustakaan selalu ramai hingga berdesakan.
sistem perollingan buku juga sudah ditentukan, yakni setiap bulannya, pada minggu pertama, kedua dan ketiga adalah jadwal peminjaman buku, kemudian di minggu keempat. Seluruh buku yang telah dipinjam harus dikembalikan dan siap untuk dilakukan perolingan dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi.
Yunengsih, Kalapas Perempuan Martapura yang menyambut langsung kedatangan Tim dari Dinas Perpustakaan Provinsi menyampaikan ucapan terimakasih atas kepedulian yang diberikan untuk menambah wawasan dan pengetahuan petugas dan warga binaan melalui buku bacaan yang disediakan. "Buku bacaan yang disediakan ini sangaat bermanfaat dalam mengisi waktu selama menjalani masa pidana bagi warga binaan untuk menambah ilmu pengetahuan. Sangat penting juga rasanya disaat pandemi covid ini semua mendapatkan informasi-informasi yang relevan khususnya dalam menjaga kesehatan. Ditambah lagi kunjungan kami batasi. Semoga dengan buku bacaan ini, warga binaan selalu termotivasi, tidak jenuh, dan lebih fokus mencari ilmu pengetahuan.
Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan Dinas Provinsi Kalsel, Wildan Akhyar menerangkan bahwa penyediaan buku bacaan merupakan program yang harus dijalankan demi memajukan SDM dan menumbuhkan budaya Literasi masyarakat Kalimantan Selatan. "Jumlah buku yang dibawa hari ini kurang lebih 400 buku. Kegiatan ini dilaksanakan agar tetap memberikan pelayanan walaupun dalam kondisi wabah corona. Bahan bacaannya pun menarik. Salah satunya "Paman Birin" yang berecerita tentang biografi kehidupan beliau sebagai Gubernur" terangnya.
Usai serah terima buku bacaan, Yunengsih mengajak Tim dari Perpustakaan dan kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan untuk melihat situasi dan kondisi perpsutakaan mini LPP Martapura.

WhatsApp Image 2020 07 02 at 10.50.05 1WhatsApp Image 2020 07 02 at 10.50.05 1WhatsApp Image 2020 07 02 at 10.50.05 1WhatsApp Image 2020 07 02 at 10.50.05 1WhatsApp Image 2020 07 02 at 10.50.05 1WhatsApp Image 2020 07 02 at 10.50.05 1

 

Kontributor: Syahid Al Faqih


Cetak   E-mail