Awali Penggunaan SISUMAKER Dengan Sosialisasi

Tak dapat dipungkiri, kemajuan sistem tekhnologi informasi yang berkembang begitu pesat saat ini menuntut setiap insan untuk dapat beradaptasi, menyesuaikan serta meningkatkan kompetensi dengan perkembangan yang ada. Perkembangan sistem tekhnologi informasi pun merambah ke segala aspek bidang yang menghiasi aktivitas sehari-hari. Salah satunya yakni perkembangan sistem tekhnologi Informasi dalam penyelenggaran pemerintahan yang efektif dan efesien.
Gebrakan teranyar oleh Kementerian Hukum dan HAM terkait perkembangan sistem tekhnologi informasi internal yakni penyelenggaraan sistem elektronik SISUMAKER (Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar). SISUMAKER yang telah dirilis ini bertujuan untuk efektifitas dan efesiensi, dan akuntabel pengelolaan surat masuk dan surat keluar yang dirasa sangat membantu dalam proses distribusi surat.
menyikapi hal itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Martapura, Yunengsih memberikan arahan kepada seluruh jajaran pejabat untuk segera mengaplikasikan sistem ekeltronik tersebut dalam pendistribusian surat. Sebagai langkah awal, Kasubag TU LPP Martapura, Prayitno melakukan sosialisai SISUMAKER kepada seluruh jajaran pejabat yang juga diikuti dengan perwakilan staff di masing-masing bidang dalam penggunaan aplikasi yang dimaksud. Dalam pengantarnya, Prayitno menegaskan pentingnya sosialisasi penggunaan aplikasi SISUMAKER yang harus segera dipahami oleh masing-masing bidang. “Sudah banyak UPT Pemasyarakatan sudah melakukan transisi dari pendistribusian surat secara manual ke pendistribusian surat secara elektronik melalui SISUMAKER ini. Maka dari itu kita mulai mensosialisasikan ini, agar semua bidang dapat belajar ,segera memahami pengelolaan dan penggunaannya. kita sangat memerlukan dukungan dari semua bidang untuk mengimplementasikan ini secara menyeluruh. Ikuti petunjuk yang akan disampaikan apabila ada yangn belum dimengerti segera ditanyakan” jelasnya.
Bertempat di ruang Kaur Umum, petunjuk penggunaan aplikasi SISUMAKER dibantu oleh staff kepegawaian dan staff urusan umum dengan praktik langsung oleh seluruh peserta. petunjuk penggunaan aplikasi diawali dengan tata cara log in ke dalam aplikasi menggunakan masing-masing akun yang telah ditentukan. Dilanjutkan dengan alur pendistribusian surat masuk dan pendistribusian surat keluar beserta tata cara penerimaan, penginputan dan persetujuan.
Sosialisasi yang dimulai pukul 09.00 WITA tersebut berjalan dengan lancar disertai dengan pertanyaan-pertanyaan dari peserta. Kepala Urusan Umum, Syarifuddin juga memberikan arahan kepada seluruh peserta disela pemberiah arahan mengenai penggunaan aplikasi. “jadikan buku serta video pedoman penggunaan yang telah dibagikan sebagai acuan. Kalaupun nantinya ada yang belum dipahami terkait itu, langsung saja bertanya ke bagian umum, kita akan coba jelaskan. Dari bagian umum juga sedang mempelajari lebih lanjut terkait penggunaan aplikasi. Apabila ada pembaharuan-pembaharuan aplikasi akan kita sampaikan dan kita pelajari bersama lagi” pungkasnya. “ Transisi penggunaan sistem elektronik ini tentunya lebih efektif dan efesien yang salah satunya adalah menghemat kertas” guraunya.
Sosialisasi singkat yang dilaksanakan diharapkan dapat diimplementasikan sesegera mungkin agar pelaksanaan tugas dan fungsi petugas pemasyarakatan dapat dilaksanakan secara optimal,akuntabel ,lebih efektif dan efesien.

WhatsApp Image 2019 10 19 at 10.15.42 4WhatsApp Image 2019 10 19 at 10.15.42 4WhatsApp Image 2019 10 19 at 10.15.42 4

 

Kontributor: Syahid Al Faqih


Cetak   E-mail