Karutan Barabai Sosialisasikan Tentang Pentingnya Peran Keluarga Dalam Proses Pembinaan Narapidana

Barabai, INFO PAS - Peran keluarga sangat penting dalam proses pembinaan yang dijalani oleh narapidana. Maka peran inilah yang menjadi sasaran dari pihak Rutan untuk turut mendukung program pembinaan narapidana Rutan Barabai. Agar keluarga memahami program yang dijalani oleh narapidana, Karutan Barabai, Agung Supriyanto, didampingi Plh. Kasubsi Pelayanna Tahanan, M. Rusdi, memberikan sosialisasi tentang program pembinaan di Rutan Barabai bertempat diruang kunjungan pada Jum’at (4/1/2019).

“diharapkan keluarga dapat memberikan dorongan kepada narapidana agar senantiasa mengikuti kegiatan pembinaan yang telah diprogramkan oleh pihak rutan” tutur karutan Barabai.

Dalam kesempatan ini dirinya juga menjelaskan kepada keluarga narapidana tentang layanan yang diberikan kepada narapidana. seperti pemberian CB,PB, CMB, layanan kesehatan, layanan kunjungan keluarga, serta layanan lain yang telah menjadi strandar pelayanan di Rutan/lapas. Selain itu karutan juga menjelaskan tentang pembinaan yang diberikan diantaranya pembinaan kerohanian seperti ceramah agama, belajar baca tulis Al-Qur’an, dan sholat berjamaah, pembinaan keterampilan seperti membuat pot bunga, membuat rak dari kayu serta handycraft atau kerajinan tangan, terdapat juga pembinaan intelektual dengan adanya program sekolah paket A/B/C serta disediakannya buku baca di perpustakaan Rutan Barabai.

Selain menjelaskan tentang program pembinaan, Karutan juga memberikan himbauan agar tidak terpengaruh atau mudah percaya berkaitan dengan oknum yang mengaku petugas dan meminta uang atau imbalan untuk proses hukum, pemberian layanan, ataupun pembinaan. Dan meminta apabila menemui hal tersebut agar segera melaporkan kepada pihak rutan. Karena semua layanan yang diterima oleh narapidana tidak dipungut biaya (gratis). 

barabai peran 1

barabai peran 2

barabai peran 3

Kontributor: Humas Rutan Barabai


Cetak   E-mail