Penuh Motivasi, Safari Dirjen PAS Himbau "MANFAATKAN WAKTU"

IMG 1133

Tanggal 13 Juni 2018 tepatnya Pukul 11.15 WITA rombongan Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM beserta Pejabat dan KA UPT di lingkungan Kantor Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan tiba di Lapas Perempuan Martapura. Kunjungan perdana oleh Dirjen PAS tersebut dalam rangka Safari beliau untuk melihat kondisi secara  langsung beberapa  Lembaga Pemasyarakatan yang ada di Kalimantan Selatan yang salah satunya agendanya adalah kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Martapura.

Lantunan syair maulid mengiringi kehangatan penyambutan kunjungan tersebut  oleh Kalapas, petugas serta Warga Binaan Pemasyarakatan. Tanpa berbasa-basi Direktur Jendral Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami  langsung meninjau lokasi blok kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Perempuan Martapura. Didampingi langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kalsel, beliau menanyakan dan memberikan masukan langsung tentang keadaan Lapas kepada Yunengsih selaku Kalapas.

Setelah meninjau lokasi Blok kamar hunian sampai dengan lokasi laundry dan tempat penjemuran cucian, Direktur Jendral Pemasyarakatan tersebut menyapa  dan memberikan arahan kepada seluruh Narapidana yang duduk bersama di Mushalla At-Taubah Lapas. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan  “Manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Yang telah terjadi jadikan sebagai pengalaman untuk menjadi lebih baik lagi. Manfaatkan waktu untuk selalu beribadah, terus saling mendoakan orang tua, anak, suami, kekasih agar terus berada dijalan-Nya. Salah satu memanfaatkan waktu berada disini adalah dengan cara belajar dan terus belajar,khususnya dalam meningkatkan pengetahuan tentang agama”pungkasnya. Melihat kondisi Narapidana yang didominasi kasus Narkoba beliau menambahkan “dengan belajar dan membaca maka kita akan mengetahui dan menimbang hal yang buruk harus dihindari dan perbuatan baik yang perlu dilaksanakan. Hal ini dirasakan sangat penting untuk disampaikan karena salah satu dampak dari  Narkoba yang apabila terus digunakan oleh anak-anak bangsa, maka tidak  menutup kemungkinan akan  menjadi alat untuk penjajahan oleh bangsa lain karena lemahnya generasi  bangsa karena obat-obat terlarang ini”.

setelah beberapa saat memberikan pengarahan kepada Narapidana, beliau menyempatkan untuk memberikan motivasi kepada seluruh CPNS LPP untuk selalu meningkatkan kinerja sebagai petugas Lapas dan memberikan perubahan positif  kearah yang lebih baik lagi demi mencapai tujuan organisasi.

Sebelum menyelesaikan tugas safari di Lapas Perempuan Martapura,  beliau juga berkesempatan meninjau kegiatan bimbingan kerja lapas. Sebari melihat pembuatan amplang beliau juga bercakap ringan dengan Narapidana yang melaksanakan tugasnya  sebagai Tamping Bimbingan Kerja tersebut.

IMG 3551IMG 3551IMG 3551IMG 3551IMG 3551IMG 3551IMG 3551

Kontributor: Syahid Al Faqih

 


Cetak   E-mail