Sinergi Lintas Instansi, Kemenkumham Laksanakan Operasi Gabungan QICP di Perairan Tabanio

9 OPS GAB 10

Banjarmasin, Humas_Info - Sinergi lintas instansi, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan melalui jajaran Keimigrasian melaksanakan kegiatan Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Laut dalam rangka melakukan pemeriksaan QICP (Quarantine, Immigration, Customs and Port Master).

Kegiatan yang diawali dengan apel pagi bertempat di Pelabuhan Tri Sakti Banjarmasin ini diikuti oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Banjarmasin, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Banjarmasin dan Kantor Kesyah bandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin. Timpora kali ini melakukan pemeriksaan QICP diatas alat angkut yaitu Kapal MV Star Wave yang berbendera negara Liberia di perairan Tabanio.

Lilik Sujandi selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan untuk memeriksa kelengkapan dan keabsahan dokumen setiap Orang Asing yang berada di Indonesia dari sisi keimigrasiannya dan juga kita bersinergi dengan KKP, Bea Cukai dan KSOP.

"Kita kedepankan etika dalam melakukan pemeriksaan karena kita melakukan pemeriksaan terhadap orang asing. Patuhi SOP dan utamakan keselamatan, jangan sampai melakukan sikap atau tindakan yang membahayakan diri dan orang lain," pungkasnya.

Agustinus Maun, Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin juga menyampaikan hal yang senada, dimana kegiatan ini menjadi momentum untuk mempererat sinergitas yang selama ini sudah dibangun oleh Keimigrasian, Bea Cukai, KKP dan KSOP.

"Kita lakukan pemeriksaan di Kapal MV Star Wave bersama-sama sebagai wujud sinergitas dalam melaksanakan pemeriksaan QICP," ucapnya.

Tim QICP melanjutkan kegiatan dengan melakukan pemeriksaan yang diawali dengan pemeriksaan kesehatan oleh KKP, dilanjutkan dengan pemeriksaan Keimigrasian dan Bea Cukai.

Agapito Jr. Aguhob Galinada selaku Kapten Kapal MV Star Wave menyampaikan bahwa pemeriksaan berjalan dengan sangat baik dan lancar. Ia menyambut baik Tim Operasi Gabungan yang melaksanakan pemeriksaan QICP dengan baik dan cekatan terhadap total 20 orang awak kapalnya.

Kegiatan ini turut diikuti oleh Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Kalsel, Kakanim Banjarmasin, Kakanim Batulicin, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Banjarmasin, Perwakilan KKP Kelas II Banjarmasin dan PT Indonesia Multi Purpose Terminal. (Humas Kanwil Kemenkumham Kalsel, Teks dan Foto: Joel, Ed: Eko)

9 OPS GAB 109 OPS GAB 109 OPS GAB 109 OPS GAB 109 OPS GAB 109 OPS GAB 109 OPS GAB 109 OPS GAB 109 OPS GAB 10


Cetak   E-mail