Kelola Aduan Lebih Optimal, Kanwil Kemenkumham Kalsel Ikuti Webinar Pengelolaan Penanganan Pengaduan

aduan 1

Banjarmasin, Humas_Info – Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Webinar dengan tema Pengelolaan Penananganan Pengaduan Layanan Publik pada Jajaran Kementerian Hukum dan HAM, secara terpusat yang dilaksanakan di Graha Yasonna H Laoly, Rabu (22/06). Kegiatan diikuti oleh 10 Kantor Wilayah, termasuk Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan yang diikuti oleh Pengelola Pengaduan secara virtual bertempat di Ruang Rapat Divisi Administrasi. Kegiatan webinar menghadirkan narasumber Ketua Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, Siti Farida, S.H., M.H.

Dalam Sambutannya, Kepala Badiklat Jawa tengah, Kaswo menyampaikan bahwa pengaduan yang diberikan oleh masyarakat atas layanan yang diberikan oleh suatu instansi atau organisasi harus dikelola dengan baik. “Satuan kerja harus senantiasa melakukan penyempurnaan pada layanan yang diberikan. Pelaksana pengaduan juga harus mampu untuk menangani pengaduan dengan baik sehingga dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan dapat memperkaya pengetahuan dan peningkatan kompetensi dalam pengelolaan penanganan pengaduan publik dan memberikan pelayanan publik yang akuntabel dan transparan sehingga kita dapat memberikan pelayanan yang berkualitas,” ujar Kaswo.

Kepala Divisi Pemasyarakatan mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Supriyanto membacakan sambutan dari Kakanwil Kemenkumham Jateng sekaligus secara resmi membuka kegiatan menjelaskan pemahaman pengaduan yang sering dianggap negatif oleh berbagai pihak. “Pengaduan muncul atas ketidakpuasan masyarakat atas pelayanan yang diberikan, masyarakat menginginkan pelayanan yang terbaik atas pelayanan yang diberikan. Pengaduan sering dianggap sebagai hal negatif, padahal pengaduan merupakan salah satu bentuk pengawasan yang diberikan oleh masyarakat, jika ditangani dengan baik akan mejadi masukan yang berharga bagi instansi untuk berbenah menjadi yang lebih baik,” ucapnya.

Kemudian dilanjutkan pemaparan materi oleh Siti Farida, S.H.,M.H., Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah dengan materi Menghadirkan Cita Pelayanan Publik Berkualitas Melalui Pengelolaan Pengaduan pada Layanan Publik dan Elyna Noor Dina Nazla S.Pt.,S.H.,M.Si., Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah dengan tema Pengelolaan Pengaduan dalam Pelayanan Publik, dimoderatori oleh M Agus Ardyansyah, S.T.,S.H.,M.H., Pemeriksa Laporan Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah. Selesai pemaparan materi, dilanjutkan diskusi interaktif, tanya jawab antara peserta dengan narasumber. (Humas Kanwil Kalsel, Teks & Foto : Iwan, Ed : Eko)

 

aduan 2

aduan 2

aduan 2

aduan 2

aduan 2

aduan 2

aduan 2


Cetak   E-mail