Hadiri Langsung, Kakanwil Kemenkumham Kalsel Ikuti Penyerahan DIPA dan TKDD TA 2022 Provinsi Kalsel

WhatsApp Image 2021 12 03 at 13.25.29

Banjarmasin, Humas_info - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Tejo Harwanto didampingi Kepala Bagian Program dan Humas, Hendy Emil dan Kepala Subbagian Pengelola Keuangan dan BMN, Eko Herdianto hadiri kegiatan Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Satker Kementerian/Lembaga dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) lingkup Provinsi Kalimantan Selatan TA 2022 yang dilaksanakan pada Jum'at (03/12/2021) bertempat di Gedung Mahligai Pancasila Jl. Suprapto, Antasan Besar, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kehadiran Kakanwil Kemenkumham Kalsel sebagai salah satu perwakilan dari instansi vertikal yang ada di Kalimantan Selatan.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan menjelang akhir tahun sebagai bentuk cerminan dari keinginan agar pelaksanaan pembangunan dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan target dan alokasi anggaran yang sudah ditetapkan serta sebagai bentuk informasi kepada publik tentang serapan anggaran APBN selama TA 2021. Dalam kegiatan ini turut mengundang seluruh Forkopimda Kalimantan Selatan, Instansi Vertikal, Lembaga Perguruan Tinggi serta Pemerintah Kabupaten/Kota.

Kegiatan dibuka dengan Sambutan Kakanwil DJPb Prov. Kalsel, Sulaimansyah yang menyampaikan maksud penyelenggaraan kegiatan. "Kegiatan ini merupakan satu rangkaian kegiatan penyerahan DIPA dan TKDD tingkat nasional yang dilaksnakan seblumnya, sebagaimana disampaikan oleh Bapak Presiden bahwa sampai saat ini kita masih berada dalam masa Pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita untuk berinovasi dan menjalin koordinasi dalam membangun kembali ekonomi daerah khususnya di Kalimantan Selatan," ucapnya.

Sama seperti tahun sebelumnya, koordinasi antar Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah diharapkan terus terjalin dengan baik guna menghadapi problematika yang akhir-akhir ini melanda Kalimantan Selatan, tidak hanya wabah Pandemi Covid-19 namun juga terjadinya bencana alam. Diharapkan pertumbuhan ekonomi meningkat dengan tetap mengusung percepatan pemulihan ekonomi dan penguatan reformasi.

Acara berlanjut dengan penyerahan Daftar Isian Penggunaan Anggaran oleh Gubernur dan Kakanwil DJPb Provinsi Kalsel yang diserahkan langsung di antaranya Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalsel. Polda Kalsel, Kejati Kalsel, Korem 101 Antasari Banjarmasin, Pengadilan Tinggi Banjarmasin, BPK Prov. Kalsel, BPKP Prov. Kalsel, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin, dan Kanwil Ditjen Pajak Prov Kalselteng. Untuk Penyerahan TKDD TA 2022 diberikan kepada Pemerintah Provinsi dan 13 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan dan Penghargaan penyusunan laporan keuangan dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan.

Selanjutnya, Gubernur Kalsel, Syahbirin Noor menyampaikan sambutannya. Melalui kegiatan ini saya memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang ikut andil dan berperan dalam proses penyusunan DIPA, sesuai apa yang disampaikan Presiden Joko Widodo bahwa APBN menjadi instrumen penting dalam menghadapi dampak Pandemi ini. "Pertumbuhan ekonomi pada tahun 2021 naik sebesar 7,07 persen dengan tingkat inflasi yang terkendali di angka 1,52 dan di Kalsel sendiri naik 4,41 persen pada triwulan II. Maka dari itu kegiatan Penyerahan TKDD TA 2022 ini menjadi penting sebagai acuan dalam melaksanakan program kegiatan selanjutnya" jelas Paman Birin, sapaan akrab Sahbirin Noor.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan sendiri mendukung penuh pelaksanaan pemerintahan yang baik menuju reformasi birokrasi yang dibangun, sebagai salah satu bagian yang ikut andil dalam memajukan Kalimantan Selatan terutama dalam hal pelayanan dan perlindungan hukum, pelayanan keimigrasian serta pembinaan pemasyarakatan. (Humas Kanwil Kalsel, foto dan teks: Pendi, ed: Eko)

WhatsApp Image 2021 12 03 at 13.25.29

WhatsApp Image 2021 12 03 at 13.25.29

WhatsApp Image 2021 12 03 at 13.25.29

WhatsApp Image 2021 12 03 at 13.25.29


Cetak   E-mail