Kanwil Kemenkumham Kalsel Serahkan Sertifikat KIK pada Hari Jadi Kabupaten Hulu Sungai Selatan ke-71

001

Kanwil Kemenkumham Kalsel Serahkan Sertifikat KIK pada Jari Jadi Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Kandangan, Humas_Info - Dalam rangka Hari Jadi ke-71 Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang merupakan bagian dari Provinsi Kalimantan Selatan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan menghadiri undangan yang diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Riswandi pada Jum'at (03/12) bertempat di Lapangan Tugu Lambung Mangkurat Kandangan.

Banyak tamu istimewa yang hadir dalam peringatan hari jadi ke-71 Kabupaten Hulu Sungai Selatan hari ini mulai dari Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Wakil Gubernur, Ketua DPRD Kab. HSS, jajaran Polda Kalsel, jajaran Polres HSS dan jajaran Kodim 1003/Kandangan. Turut hadir juga Kepala Rumah Tahanan Kelas IIB Kandangan.

Akhmad Fikri Selaku Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan menyampaikan selamat datang kepada Wakil Gubernur Kalimantan Selatan beserta istri. "Walaupun kegiatan ini digelar terbatas secara daring dan luring, Alhamdulillah hari ini kita memperingati hari jadi Kabupaten HSS yang ke-71 dengan tema Banua Rakat, Banua Babarkat, visi HSS dalam RPJMD dalam menuju kabupaten HSS yang cerdas, inovatif, Teknologis dan Agamis dalam mewujudkan kesejahteraan dunia dan akhirat yang diimplementasikan di sektor pembangunan yang terdiri dari empat pilar pembangunan yakni pertama meningkatkan kualitas sumber daya, peningkatan pertumbuhan ekonomi, penuntasan kemiskinan dan peningkatan kualitas pelayanan publik yang didukung oleh infrastruktur dan tata kelola pemerintahan," tukas sang Bupati.

Sementara itu, Sambutan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, Muhidin mengatakan bahwa Kabupaten HSS potensial untuk terus maju dan berkembang. "Kabupaten Hulu Sungai Selatan banyak potensi destinasi wisatanya, sehingga sangat besar potensinya,  kesederhanaan bukan berarti mengurangi makna hari jadi yang ke 71 ini justru kesederhanaan ini mencerminkan kedewasaan kita dalam merespon setiap keadaan yang terjadi di Banua kita, Kabupaten HSS memiliki potensi besar untuk lebih maju dan berkembang,” ucapnya.

Rangkaian acara selanjutnya, yakni pemotongan nasi Astakona (Nasi Tumpeng) oleh 29 SKPD dan 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang dilakukan serentak secara daring dan luring.

Pada kesempatan yang berbahagia ini juga, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan juga berkesempatan menyerahkan sertifikat Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) terhadap beberapa macam makanan khas Kab. HSS, yakni sertifikat Ketupat Kandangan, sertifikat Dodol Kandangan, sertifikat Lamang Kandangan dan sertifikat Kayu Manis Loksado. Penyerahan sertifikat ini diberikan oleh perwakilan Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel dalam hal ini yang mewakili Kepala Bidang Bidang Pelayanan Hukum, Riswandi kepada Bupati Hulu Sungai Selatan, Akhmad Fikri. Penyerahan sertifikat ini menjadi kebanggaan bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan tentunya akan menjadi simbol akan kekayaan daerah dan sebagai salah satu sumber potensial peningkatan ekonomi masyarakat HSS. (Humas Kanwil Kalsel, foto & teks: Ricky)

 

002002002002002002


Cetak   E-mail