Akan Gelar Legal Expo, Kemenkumham Kalsel adakan Talkshow Radio di i-Radio Banjarmasin

001

Akan Gelar Legal Expo, Kemenkumham Kalsel adakan Talkshow Radio di i-Radio Banjarmasin

Banjarmasin, Humas_info - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan akan menggelar Legal Expo yang akan dilaksanakan pada tanggal 25-26 Oktober 2021. Sebelum kegiatan Legal Expo digelar, Kanwil Kemenkumham Kalsel mengadakan talkshow / dialog interaktif Kemenkumham Legal Expo bertemakan "Kemenkumham Semakin PASTI, Bangga Melayani Bangsa Mewujudkan Pelayanan Kelas Dunia".

Hadir Kepala Divisi Pemasyarakatan, Sri Yuwono dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ngatirah selaku narasumber dari kegiatan talkshow yang dilaksanakan di i-Radio Banjarmasin, Minggu (24/10) dengan penyiar i-Radio Ardyan Kama dan Agseisa Galuh Putri.

Talkshow ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Tahun 2021 dimana kepada kedua narasumber ini menjelaskan sejarah Kementerian Hukum dan HAM yang dimulai sejak 76 tahun yang lalu dan telah beberapa kali berganti nama yang akhirnya sejak 2009 sampai dengan sekarang namanya Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan tanggal 30 Oktober ditetapkan sebagai hari peringatan tersebut.

Kedua narasumber juga menyampaikan rangkaian kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan dalam memperingati HDKD Tahun 2021 ini, diantaranya Do'a Kumham untuk Negeri; Seminar Nasional/Internasional; Lomba Film inovasi; lomba cerdas cermat akutansi; lomba menembak; lomba e-sport; bakti sosial Kumham peduli, Kumham berbagi; Empati Kumham; Kemenkumham Legal Expo; Ziarah Makam Pahlawan dan upacara HDKD.

Mengenai Legal Expo yang akan digelar serentak seluruh Kantor Wilayah pada tanggal 25-26 Oktober 2021 nanti. Kanwil Kemenkumham Kalsel akan mengadakan Legal Expo di Duta Mall Banjarmasin dan masyarakat mendapatkan pelayanan publik secara langsung.

Ngatirah menjelaskan rangkaian kegiatan selama legal expo diadakan, antara lain virtual expo yang bisa diakses melalui website virtualexpo.kemenkumham.go.id; webinar series degan narasumber dari Ditjen KI, Ditjen AHU, Ditjen Imigrasi dan BPHN. Sri Yuwono menambahkan bentuk pelayanan publik yang akan ditampilkan Kanwil Kemenkumham Kalsel pada Legal Expo di Duta Mall, yaitu penyuluhan hukum, konsultasi hukum; konsultasi pelayanan AHU; konsultasi pelayanan KI; konsultasi Yankomas HAM; perpustakaan JDIH Kanwil; konsultasi pelayanan pemasyarakatan; galeri produk unggulan WBP dan konsultasi palayanan keimigrasian. Yang lebih menarik dalam layanan keimigrasian, yakni bisa membuat paspor dan memperpanjang masa paspor ditempat, selama legal expo berlangsung dan hanya 20 orang pertama yang akan mendapatkan layanan ini.

Adapun di akhir talkshow, kedua narasumber mengajak masyarakat Banjarmasin dan sekitarnya untuk datang pada tanggal 25-26 Oktober 2021 di Kemenkumham Legal Expo yang bertempat di Atrium Duta Mall Lantai 1 dengan mengunjungi booth pelayanan agar mendapatkan pelayanan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Apabila tidak sempat untuk datang pada kegiatan Kemenkumham Legal Expo, masyarakat bisa langsung datang di Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel yang beralamat di jalan Brigjen H. Hasan Basri No. 30 Banjarmasin. (Humas Kanwil Kalsel - foto & teks: Ricky)

 

002002002


Cetak   E-mail