Plt. Kepala Divisi Administrasi Pantau Pelaksanaan Penelitian Penyusunan RKA-K/L Pagu Anggaran Kantor Wilayah

WhatsApp Image 2021 09 03 at 13.26.43 7

Banjarmasin, Humas_Info – Bertempat di Ruang Kerja Sub Bagian Program dan Pelaporan, Jum’at (3/9), Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM yang juga menjabat sebagai Plt. Kepala Divisi Administrasi, Ngatirah memantau pelaksanaan penelitian penyusunan pagu anggaran RKA-K/L (Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga) Tahun Anggaran 2022. Pelaksanaan penyusunan pagu angaran RKA-K/L di Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan saat ini telah memasuki hari kedua dimana hal ini telah dilaksanakan sejak Kamis, 2 September 2021.

Penelitian dilakukan secara daring mengingat saat ini masih dalam pandemi Covid-19. Adapun Penyusunan pagu anggaran ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memastikan bahwa RKA-K/L yang disusun telah sesuai dengan alokasi kebutuhan dan postur RKA-K/L serta kaidah-kaidah penyusunan program dan anggaran yang lengkap dengan data pendukung penyusunan anggarannya. Selain itu untuk memastikan pengalokasian anggaran lebih berkualitas (spending better).

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan dokumen tersebut antara lain berpedoman pada pagu indikatif, Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan diharapkan dapat menyusun rencana kerja dan anggaran secara akuntabel dan efektif guna menghasilkan atau mencapai tingkat kinerja tertentu. Keberhasilan dalam penyusunan rencana kerja dan anggaran yang terintegrasi dalam Aplikasi RKA-K/L tidak hanya membutuhkan keahlian dalam merencanakan suatu kegiatan. Perencanaan anggaran harus disusun sesuai dengan kebutuhan organisasi. Operator dan pemangku program harus mampu untuk menganalisis dalam penyusunan anggaran.

Terlebih ditengah pandemi Covid-19, Kemenkumham dituntut untuk tetap produktif. Ngatirah menyampaikan kepada para peserta kegiatan untuk mengikuti dan memperhatikan dengan serius arahan dari tim pendamping dari Unit Eselon I Teknis dan Tim Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal agar dapat menghasilkan penyusunan RKA-K/L Tahun 2022 yang berkualitas berdasarkan kebutuhan prioritas dan sejalan dengan program prioritas Kementerian, serta tidak keluar dari Postur Anggaran yang ada dengan tetap berpedoman pada aturan yang ada.

Dalam kegiatan ini para Operator RKA-K/L Kantor Wilayah memperoleh pendampingan dari Biro Perencanaan Sekertariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI dan Unit Eselon I secara virtual. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Ngatirah, Kepala Sub Bagian Humas, RB, dan TI, Eko Sulistiyono, Plt. Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan, Triyana, dan para Operator RKA-K/L Kantor Wilayah. (Humas Kanwil Kalsel - teks, foto : Yusika, ed : Eko)

WhatsApp Image 2021 09 03 at 13.26.43 7

WhatsApp Image 2021 09 03 at 13.26.43 7

WhatsApp Image 2021 09 03 at 13.26.43 7

WhatsApp Image 2021 09 03 at 13.26.43 7

WhatsApp Image 2021 09 03 at 13.25.06


Cetak   E-mail