Berkomitmen untuk Berbuat Baik dan Beribadah Jadi Tema Rohis Edisi ke-4 di Bulan Juli

WhatsApp Image 2021 07 22 at 16.47.21

Banjarmasin, Humas_Info – Masih dalam nuansa Idul Adha, tepatnya di hari tasyrik ke--3 kegiatan Rohani Islam (Rohis) edisi ke-4 bulan Juli Kamis ini, (22/7) berlangsung di aula Kantor Wilayah. Diawali dengan takbir, kegiatan dilanjutkan shalat dhuha berjamaah dengan imam Ustadz Fadli.

Usai melaksanakan shalat Dhuha berjamaah, Tejo Harwanto selaku Kepala Kantor Wilayah memberikan sambutan pembuka. Masih dalam suasana Idul Adha, Kakanwil menyampaikan filosofi dari Idul Qurban yang merupakan upaya penyerahan diri dengan apa yang telah kita miliki agar kita sebagai umatnya selalu tawadhu, mendapat barokah, dan selalu dekat dengan Allah SWT. “Beberapa hal yang sedang dicanangkan Kanwil Kalsel saat ini adalah Pencanangan Zona Integritas, dan ini memerlukan pengorbanan, baik melalui ide, gagasan, pikiran, maupun waktu dan tenaga." tukasnya.

Kakanwil selalu berharap agar para pegawai selalu memiliki komitmen yang baik dan terus menerus sehingga menjadi PNS yang berintegritas. "Dan hal ini juga diharapkan bukan hanya dalam pembangunan ZI saja, namun komitmen kejujuran juga sangat diperlukan seingga dapat melayani masyarakat dan dapat mengutamakan kepentingan masyarakat dibanding kepentingan birokrasi PNS itu sendiri. Kami berharap agar Allah SWT memberikan dorongan agar kita selalu dapat memberikan ridhanya secara terus menerus untuk berbuat baik.” tambahnya.

Sesuai pengantar dari Kakanwil, Ustadz Fadli kembali memberikan tausyiah yang berhubungan dengan komitmen ibadah dalam kebaikan. “Berkomitmen untuk istiqomah sampai dengan mati itu jalan menuju surganya Allah, misalnya apabila dosa dalam melakukan keburukan pada hakikatnya apa yang kita kerjakan tersebut adalah menghinakan diri kita sendiri, namun sebaliknya jika kita melakukan kebaikan, maka kebaikan tersebut akan memuliakan diri kita sendiri,” jelasnya.

Allah berfirman “wahai orang-orang yang beriman, jagalah keluargamu dari api neraka. Karena keluarga bisa saja menyeretmu ke dalam api neraka apabila kita tidak mampu mendidik keluarga kita sendiri dalam beribadah.”

Dijelaskan oleh Ustadz Fadli bahwa Rasul Muhammad SAW pernah bersabda, bahwa terdapat 4 (empat) perlindungan yang termasuk dalam do'a yang mujarab dan tidak pernah ditolak Allah dalam shalat, yaitu meminta perlindungan dari azab neraka, memohon perlindungan azab neraka, menghindari fitnah hidup, dan fitnah dari kelompok dajjal. Surat Al-Mulk dapat menyelamatkan kita dari azab kubur. Batang tubuh manusia tidak ada yang mampu menaham api neraka. Hidup itu hanya sementara dan hanya singgah semata. Sebagai umat manusia kita selalu dituntut untuk beribadah, hakikatnya kita dapat menerapkan ibadah tersebut melalui niat kita dalam bekerja.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh jajaran Kanwil Kalsel mulai dari Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, JFT, JFU, CPNS, PPNPM, dan Mahasiswa Magang. Selain dihadiri langsung, kegiatan rohani islam kali ini juga turut disaksikan melalui media virtual oleh jajaran Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan maupun imigrasi di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan serta para pegawai Kanwil Kalsel yang sedang melaksanakan WFH. (Humas Kanwil Kalsel, teks : Yusika, foto : Iwan, ed : Eko)

WhatsApp Image 2021 07 22 at 16.47.24 1

WhatsApp Image 2021 07 22 at 16.47.25

WhatsApp Image 2021 07 22 at 16.47.25WhatsApp Image 2021 07 22 at 16.47.21

WhatsApp Image 2021 07 22 at 16.47.21

WhatsApp Image 2021 07 22 at 16.47.21

WhatsApp Image 2021 07 22 at 16.47.21

WhatsApp Image 2021 07 22 at 16.47.21

WhatsApp Image 2021 07 22 at 16.47.21

Cetak