Kakanwil Beserta Pimti Pratama Kemenkumham Kalsel Ikuti Rekonsiliasi dan Pemutakhiran Data Laporan Keuangan dan Barang Milik Negara Semester I Tahun Anggaran 2021

14 OPENING REKON 9

Banjarmasin, Humas_Info – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan melalui Sub Bagian Pengelola Keuangan dan BMN Kanwil Kemenkunham Kalsel mengikuti Pembukaan Rekonsiliasi dan Pemutakhiran Data Laporan Keuangan dan Barang Milik Negara Semester I Tahun Anggaran 2021 Tingkat Kantor Wilayah yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. Kegiatan ini diikuti secara virtual bertempat di Ruang Rapat Kakanwil, Rabu (14/07/2021).

Pembukaan Rekonsiliasi dan Pemutakhiran Data Laporan Keuangan dan Barang Milik Negara Semester I Tahun Anggaran 2021 Tingkat Kantor Wilayah ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Tejo Harwanto, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Sri Yuwono, Kepala Divisi Keimigrasian, Teodorus Simarmata, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Plt. Kepala Divisi Administrasi), Ngatirah, Kepala Sub Bagian Pengelolaan Keuangan dan BMN (Plt. Kabag Umum), Eko Herdianto, para Pengelola Keuangan dan Pengelola BMN, serta CPNS di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalsel.

Wisnu Nugroho Dewanto selaku Kepala Biro Keuangan Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Rekonsiliasi dan Pemutakhiran Data Laporan Keuangan dan Barang Milik Negara Semester I Tahun Anggaran 2021 ini merupakan amanat dari undang-undang untuk mempertanggung jawabkan pengelolaan dan pelaksanaan anggaran. “Pada kegiatan rekonsiliasi ini nantinya akan dilakukan penyamaan nilai SAIBA dan SIMAK, penyusunan laporan keuangan, akurasi informasi, pencatatan berbasis aktual, dan upaya dalam menjaga raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” ucapnya.

Andap Budhi Revianto selaku Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa melalui kegiatan Rekonsiliasi dan Pemutakhiran Data Laporan Keuangan dan Barang Milik Negara Semester I Tahun Anggaran 2021 Tingkat Kantor Wilayah dapat menghasilkan data yang akurat, dan dapat dipertanggung jawabkan baik secara hukum maupun secara administrasi.

“Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas kerja sama yang baik diantara kita semua dengan berhasil mempertahanakan opini WTP atas pemeriksaan keuangan Tahun Anggaran 2020 yang lalu, semua berkat kerja keras, kontribusi, dan upaya semua rekan baik di tingkat pusat maupun daerah terlebih dalam dua tahun terakhir ini dimana kita harus hidup berdampingan dengan Covid-19,” ucapnya.

Andap Budhi Revianto pada kesempatan ini juga menyampaikan 14 Arahan Sekjen Kemenkumham RI untuk menjadi atensi bagi seluruh satuan kerja di seluruh Indonesia yaitu terkait capaian kinerja, Covid-19, WFH, pelayanan publik berbasis digital, tindak lanjut atas temuan BPK, refocusing anggaran, WBK/WBBM, penerimaan Catar dan CPNS, penindakan atas oknum bermasalah, manajemen media, laporan Kakanwil, rencana kerja tahun 2022, rekon dan langkah kontijensi.

Andap Budhi Revianto juga menyampaikan harapan melalui kegiatan ini dapat diperoleh kesesuaian data laporan keuangan dan BMN di berbagai jenjang, terselesaikannya permasalahan data laporan keuangan, penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan SAP dan ketentuan, dan melalui laporan keuangan yang transparan, akuntabel, serta tepat waktu Kemenkumham dapat mempertahankan opini WTP di tahun 2021 ini.

Kegiatan Rekonsiliasi dan Pemutakhiran Data Laporan Keuangan dan Barang Milik Negara Semester I Tahun Anggaran 2021 Tingkat Kantor Wilayah ini akan dilaksanakan pada tanggal 14-17 Juli 2021, dan Kanwil Kemenkumham Kalsel dijadwalkan untuk mengikuti kegiatan rekonsiliasi pada tanggal 15 Juli 2021. (Humas Kanwil Kalsel, teks dan foto: Joel, ed : Eko).

14 OPENING REKON 914 OPENING REKON 914 OPENING REKON 914 OPENING REKON 914 OPENING REKON 914 OPENING REKON 914 OPENING REKON 914 OPENING REKON 9


Cetak   E-mail