Percepatan Penyerapan Anggaran Semester II, Kakanwil Kemenkumham Kalsel Beri Penguatan UPT se-Kalimantan Selatan

Evaluasi Anggaran 1

Banjarmasin, Humas_Info – Menindaklanjuti arahan Presiden dan Menteri Hukum dan HAM terkait realisasi anggaran pada Semester II, Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel bergerak cepat dengan melakukan pengarahan pada UPT Pemasyarakatan dan UPT Keimigrasian se-Kalimantan Selatan. Pengarahan langsung diberikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Tejo Harwanto yang didampingi oleh Plt. Kabag Umum, Eko Herdianto beserta Plt. Kasubag Program dan Pelaporan dan jajaran JFU Subbagian Pengelolaan Keuangan dan BMN. Kegiatan dilakukan melalui media Video Conference bertempat di Ruang Rapat Kepala Kantor Wilayah, Rabu (08/07).

Realisasi anggaran pada Semester II harus segera dilakukan mengingat target yang masih belum tercapai. Dalam arahannya, Tejo Harwanto menyampaikan bahwa Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM menghimbau kepada seluruh Kepala Satuan Kerja untuk dapat segera melaksanakan penyerapan anggaran pada Semester II sesuai dengan regulasi yang berlaku. Disampaikan bahwa kepada Satuan Kerja di Kalimantan Selatan yang telah melakukan penyerapan anggaran sesuai dengan target, agar dapat melakukan realisasi belanja modal yang bukan gedung dan fisik untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di lingkungan sekitar Satker. “Dengan membelanjakan anggaran pada Satker, saudara dapat meningkatkan geliat perekonomian di wilayah saudara,” ujar Tejo.

Zona Merah Covid-19 semakin meluas sesuai dengan arahan Presiden dan Menkumham RI untuk melakukan alokasi anggaran dalam penanganan Covid-19. “Alokasikan anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19 bagi pegawai dan WBP sesuai dengan peraturan yang berlaku, obat-obatan untuk pemenuhan kebutuhan harus sudah dilakukan,” tegas Tejo.

Eko Herdianto memaparkan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) per bulan Juni 2021 sekaligus Laporan Realisasi Anggaran Belanja berdasarkan Data OM SPAN  per 07 Juli 2021 untuk semua Satuan Kerja di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel. “Sebagian besar satuan kerja sudah maksimal dalam melakukan realisasi penyerapan anggaran diatas target dan untuk satuan kerja yang masih rendah segera menyusun langkah-langkah dan strateginya,” ucap Eko Herdianto.

Pada kesempatan tersebut masing-masing satuan kerja menyampaikan kepada Kepala Kantor Wilayah terkait evaluasi anggaran sampai dengan Semester tahun 2021 dan Langkah-langkah yang akan dilakukan pada Semester II tahun 2021. (Humas Kanwil Kalsel, teks dan foto: Iwan, ed : Eko)

 

Evaluasi Anggaran 2

Evaluasi Anggaran 2

Evaluasi Anggaran 2

Evaluasi Anggaran 2

Evaluasi Anggaran 2

Evaluasi Anggaran 2

Evaluasi Anggaran 2

Evaluasi Anggaran 2


Cetak   E-mail