Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Kemenkumham RI Beri Penguatan kepada Seluruh Jajaran Keimigrasian Kalsel

viconStaffAhliekonm 1

Banjarmasin, Humas_Info – Divisi Keimigrasian lakukan video conference bersama dengan Staff Ahli Menteri Bidang Ekonomi bertempat di Ruang Rapat Kepala Kantor Wilayah, Senin (05/07). Tidak hanya diikuti oleh Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah, namun juga diikuti oleh jajaran Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin (Kanim Banjarmasin) dan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin (Kanim Batulicin) di lokasi/kantor masing-masing.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Divisi Keimigrasian, Teodorus Simarmata, Kabid Perizinan dan Informasi Keimigrasian, M Syafwan Zuraidi, Kabid Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Hasrullah, Kasubid Penindakan Keimigrasian, Yugo Prakoso, Kasubid Perizinan Keimigrasian, Indra Sakti Suhermansyah, Kasubid Informasi Keimigrasian, I Dewa Made Artana, JFT dan JFU terkait.

Dalam Sambutannya, Kepala Divisi Keimigrasian mengucapkan terima kasih atas kehadiran secara virtual untuk memberikan penguatan kepada Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel sekaligus memaparkan laporan yang telah dikirimkan kepada Staff Ahli Bidang Ekonomi. “Terjadi penurunan yang cukup signifikan khususnya di Imigrasi Kalimantan Selatan, kami mohon arahan, masukan dan petunjuk untuk dapat memberi penguatan, khususnya bagi Kanim Banjarmasin dan Kanim Batulicin,“ ujar Teo.

Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi, Lucky Agung Binarto memaparkan Kebijakan, Jenis Pelayanan, Tantangan Pengelolaan dan Realisasi PNBP Keimigrasian. “Sesuai dengan otoritas/Tusi saya Staff Ahli Bidang Ekonomi, maka tugas dari Menkumham RI untuk meningkatkan PNBP pada Kemenkumham RI, pada kesempatan ini penguatan pada Divisi Keimigrasian,” ujar Lucky. Dijelaskan pula beberapa tantangan pengelolaan PNBP Keimigrasian seperti berkurangnya minat masyarakat untuk membuat passpor karena masih ditutupnya beberapa negara serta belum dibukanya ibadah Umroh/Haji untuk Jemaah Indonesia.

“Daerah Kalimantan Selatan khususnya pada Kantor Imigrasi Banjarmasin dan Batulicin, sumber PNBP sangat turun drastis yang berasal dari dokumen perjalanan karena saat musim Umroh/Haji, jumlah permintaan paspor sangat luar biasa banyaknya dan saat ini grafik permohonan passpor terjun bebas dan bagaimana kita melakukan inovasi atau terobosan tetap sesuai dengan aturan yang berlaku untuk meningkatkan PNBP yang berasal dari passport, “ tambah Lucky.

Kepala Kanim Batulicin, I Gusti Bagus Mochammad Ibrahiem, menyampaikan data-data terkait PNBP pada Tahun 2021 dengan perbandingan Tahun 2020. “Pada tahun 2021 per bulan Juni, pencapaian 55% dibandingkan dengan tahun 2020, kami tetap mendorong jajaran untuk berimprovisasi dan berinovasi berkenaan dengan pelayanan-pelayanan keimigrasian,” ujar Gusti.

Sahat Pasaribu, selaku Kepala Kanim Banjarmasin dalam kesempatannya menyampaikan dalam pelayanan keimigrasian selalu mengutamakan protokol kesehatan. “Dalam memberikan pelayanan Easy Passport, petugas kita selalu melakukan Rapid test Antigen sebelum dilakukan pelaksanaan kegiatan tersebut,” pungkas Sahat. (Humas Kanwil Kalsel, teks dan foto: Iwan, ed : Eko)

viconStaffAhliekonm 2

viconStaffAhliekonm 2

viconStaffAhliekonm 2

viconStaffAhliekonm 2

viconStaffAhliekonm 2

viconStaffAhliekonm 2

viconStaffAhliekonm 2

viconStaffAhliekonm 2


Cetak   E-mail