Masuki Materi Lapangan, Peserta Konstek PAS Latihan Kesamaptaan dan Menembak Dipandu oleh Instruktur Brimob Polda Kalsel

brimob 1

Banjarbaru, Humas_info - Memasuki hari kedua kegiatan Konsultasi Teknis Pemasyarakatan dalam rangka memberikan pelatihan kesamaptaan bagi petugas Lapas, Rutan, Rupbasan, dan Bapas yang diselenggarakan di Mako Brimob Polda Kalimantan Selatan di Banjarbaru pada Selasa (15/06/2021), peserta yang berjumlah 30 personil kembali mendapatkan materi lapangan meliputi latihan kesamaptaan dan latihan menembak. Para petugas Pemasyarakatan, khususnya Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal) yang menjadi peserta kegiatan diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan diharapkan dapat berguna dalam menjalankan tugasnya pencegahan dan penindakan gangguan keamanan dan ketertiban.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Wilayah, Tejo Harwanto didampingi Divisi Pemasarakatan, Sri Yuwono, Kepala Divisi Imigrasi, Teodorus Simarmata, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ngatirah serta jajaran Kepala UPT Pemasyarakatan yang disambut oleh Kabag Ops. Satbrimob Polda Kalsel, AKBP Siswara Hadi Chandra dan di Lapangan Tembak Mako Brimod Polda Kalsel dengan membawa para petugas Satops Patnas berjumlah 30 Petugas.

Kegiatan pelatihan yang pertama dibuka dengan apel pembukaan dan dilanjutkan dengan pemberian materi keterampilan tata cara penggunaan senjata yang benar hingga latihan menembak sasaran yang diberikan oleh instruktur dari petugas Mako Brimob. Para petugas pemasyarakatan dilatih teknik dasar menggunakan senjata api, pengenalan teknik menembak dan posisi kesiapan menembak. Peserta diberikan masing-masing 13 kali percobaan menembak sasaran bidik, hal ini menjadi salah satu penilaian peserta kesamaptaan dalam hal ketepatan menembak sasaran dan tingkat konsentrasi dan penguasaan diri.

Selanjutnya para peserta kesamaptaan dibekali Latihan Keterampilan Baris-Berbaris (LKBB) yang dimaksudkan untuk membangun kesanggupan peserta untuk melaksanakan tugas atau kegiatan fisik secara lebih baik dan efisien, menumbuhkan kekompakan, dan membangun kesigapan petugas Satops Patnal dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. Selain itu, para Pimti Pratama Kantor Wilayah dan jajaran Kepala UPT se-Kalimantan Selatan juga berkesempatan untuk latihan menembak, guna menjajal keterampilan menembak dengan di dampingi instruktur dari Brimob Polda Kalsel.

Kegiatan disudahi dengan apel penutupan yang dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah. Dalam sambutannya, Tejo Harwanto menyampaikan, "Kegiatan ini dimaksudkan untuk menciptakan satu sikap perilaku yang mencerminkan kedisiplinan dan kemampuan dalam melaksanakan tugas dan fungsi Pemasyarakatan khususnya di bidang pengamanan, yang menjadi salah satu harapan bahwa dengan pelatihan ini peserta dapat memiliki kemampuan yang dibutuhkan yang dibutuhkan yang tentunya menunjang tingkat keamanan di satuan kerjanya masing-masing," ucapnya. (Humas Kanwil Kalsel, foto dan teks: Pendi, ed: Eko)

brimob 1

brimob 1

brimob 1

brimob 1

brimob 1

brimob 1

brimob 1

 

brimob 1


Cetak   E-mail