Jajaran Divisi Yankumham Kalsel Ikuti Bimbingan Teknis Pelaksanaan Pelaporan Aksi HAM Tahun 2021

bimtekranham3

Banjarmasin, Humas_Info –  Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan yang terdiri dari Pejabat dan JFU pada Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Yankumham) mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Pelaporan Aksi HAM secara virtual bertempat di Ruang Rapat Kepala Kantor Wilayah, Kamis (06/05). Hadir dalam Kegiatan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Ngatirah, Kepala Bidang HAM, Rosita Amperawati, Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM, Sri Yunita.

Kegiatan diawali dengan laporan kegiatan yang disampaikan oleh Direktur Kerja Sama Hak Asasi Manusia, Hajerati. Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia telah memasuki periode kelima, periode tahun 2021 – 2025. Sekretariat bersama RANHAM telah Menyusun rancangan Perpres RANHAM Tahun 2021 – 2025 yang saat ini sudah diserahkan ke Kementerian Sekretariat Negara untuk ditandatangani oleh Presiden. “Sasaran strategis masih berfokus pada kelompok Perempuan, Anak, Penyandang Disabilitas dan Masyarakat Adat,” ucap Hajerati.

Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia,  Mualimin Abdi membuka secara resmi kegiatan Bimtek Pelaporan Aksi HAM Tahun 2021. Kegiatan ini penting untuk dilakukan mengingat data yang dilaporkan masih kurang lengkap. “Masih banyak daerah yang dalam memberikan laporan hanya seadanya, dalam menyusun laporan aksi HAM tidak serius sehingga ketika di rekap oleh Kantor Staff Presiden, hasil raport tidak sesuai dengan target,” ucapnya.

Narasumber pertama, Deputi bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Kemanan Kementerian PPN/Bappenas, Slamet Soedarsono. Slamet menyampaikan perkembangan RANHAM mulai awal generasi I hingga saat ini generasi ke V. “Aspek Substansi saat ini, belum optimalnya kebijakan, regulasi dan program penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan (P5) hak perempuan, anak disabilitas, dan masyarakat adat,” ujarnya.

Paparan terakhir disampaikan oleh Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Sri Purwaningsih dengan topik Sinergisasi Implementasi SPM dalam pelaksanaan RANHAM. (Humas Kanwil Kalsel, teks : Iwan, foto: Tyas, ed : Eko)

 

bimtekranham1

bimtekranham1

bimtekranham1

bimtekranham1

bimtekranham1

Cetak