Simak Evaluasi Anggaran Tahun 2020 oleh Biro Keuangan Setjen, Kanwil Kemenkumham Kalsel Realisasikan Anggaran di Angka 96,65%

EVALUASI ANGGARAN 4

Banjarmasin, Humas_Info – Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan Edy M.S. Hidayat dan Pejabat Keuangan beserta jajarannya mengikuti kegiatan Evaluasi Anggaran di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2020 yang diadakan oleh Biro Keuangan Sekretariat Jenderal pada hari Rabu (27/1). Kegiatan diselenggarakan secara virtual bertempat di ruang rapat Kakanwil dengan tetap menjaga protokol kesehatan menggunakan masker dan menjaga jarak.

Kegiatan dimulai dengan Laporan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Tahun 2020 dari Biro Keuangan, yang berisi mengenai realisasi anggaran baik di unit pusat maupun unit wilayah di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. Dalam laporan menunjukan data realisasi 33 Kantor Wilayah, dimana realisasi anggaran di Kantor Wilayah Kalimantan Selatan mencapai 96,65% berada di posisi ke lima terbaik diantara 33 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM. Capaian tersebut menunjukan hasil yang baik dan diharapkan di tahun 2021 dapat semakin meningkat.

“Pencapaian kinerja dan penyerapan anggaran tahun 2020 di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM sudah sangat bagus dan konsisten terlihat dalam tren grafik yang terus meningkat, hal tersebut harus dipertahankan di tahun 2021 bahkan lebih baik kedepannya”, tutur Edi Sudarto dalam paparannya.

Meski sudah baik, realisasi di tahun 2021 masih perlu direncanakan dan direalisasikan secara cermat. Dalam paparan narasumber selanjutnya oleh Andi Permana Putra dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara disampaikan tahun 2021 kedepannya akan diliputi ketidakpastian dalam hal anggaran mengingat fokus anggaran adalah untuk vaksinasi Covid-19. Namun hal tersebut tidak menghentikan komitmen untuk tetap melanjutkan program PEN meski ketidakpastian terjadi.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan dalam keadaan ketidakpastian yang terjadi kedepannya tetap berkomitmen untuk melaksanakan arahan Pesiden dalam sidang kabinet tanggal 6 Januari 2021 dengan melakukan efisiensi kebutuhan dasar dengan beradaptasi dengan kebiasaan baru, perubahan proses bisnis, dan pola kerja birokrasi. Selain itu, sesuai akan mengupayakan kerja yang lebih keras lagi agar penyerapan anggaran di tahun 2021 sesuai rencana dan mampu lebih bak lagi di tahun ini guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. (Humas Kanwil Kalsel – teks: Hilda/Joel, foto : Joel, ed : Eko).

 

EVALUASI ANGGARAN 6

EVALUASI ANGGARAN 7

EVALUASI ANGGARAN 2

EVALUASI ANGGARAN 1


Cetak   E-mail