Puncak Rangkaian Kegiatan HDKD, Kanwil Kemenkumham Kalsel Gelar Upacara Peringatan HDKD secara virtual sekaligus Syukuran serta Launching e-Visa dan SIP-Kumham

WhatsApp Image 2020 10 27 at 15.40.04

Banjarmasin, Humas_Info – Puncak perayaan Hari Dharma Karyadhika yang merupakan hari jadi Kementerian Hukum dan HAM RI, digelar hari ini Selasa, (27/10) secara nasional dengan media virtual yang disaksikan pula oleh jajaran Kanwil Kemenkumhan Kalimantan Selatan. Upacara Peringatan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) yang dirangkaikan dengan Syukuran serta Launching e-Visa dan SIP-Kumham pada Peringatan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) disaksikan di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan.

Semestinya, Hari Dharma Karyadhika yang jatuh pada tanggal 30 Oktober 2020 dilaksanakan lebih awal mengingat adanya cuti bersama yang jatuh pada moment tersebut, juga mengingat adanya Pandemi Covid-19 menyebabkan pelaksanaannya pun berbeda dari biasanya. Di perayaan Ulang Tahun kemenkumham pada penghujung tahun 2020 ini, Kemenkumham melahirkan 2 aplikasi baru yakni e-Visa dan SIP-Kumham.

Adapun tema Hari Dharma Karyadhika Kementerian Hukum dan HAM tahun 2020 adalah “Layanan Publik Digital Kementerian Hukum dan HAM, Menuju Indonesia Maju.” Saat ini Kementerian Hukum dan HAM ingin melakukan lompatan yang lebih besar agar seluruh pelayanan publik di Kementerian Hukum dan HAM berjalan secara digital, sehingga pelayanan akan semakin cepat, mudah, dan transparan.

Dengan adanya peluncuran aplikasi e-Visa dan SIP-Kumham, yang merupakan bagian dari inovasi aplikasi di bidang Keimigrasian dan dibidang Hak Asasi Manusia, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly berharap “hal ini akan dilanjutkan dengan proses digitalisasi seluruh administrasi pelayanan publik Kementerian Hukum dan HAM. Semoga aplikasi ini akan memberikan kemudahan dalam memberikan yang terbaik untuk masyarakat.” ungkapnya

“Krisis menghasilkan inovasi, dalam hal ini pemerintah melakukan berbagai perbaikan sistem birokrasi dalam memberikan pelayanan publik dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Penerapan layanan visa elektronik ini diharapkan dapat membawa pesan positif pada dunia luar, bahwa Indonesia telah melakukan reformasi birokrasi dan siap menjadi tujuan investasi. Hal ini tentu saja sejalan dengan upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi melalui akselerasi investasi atau penanaman modal asing yang akan meciptakan lapangan kerja baru dan 8 juga akselerasi dalam bidang kunjungan wisatawan asing ketika saatnya nanti pandemi sudah berakhir.”, tukasnya.

Selain itu, juga di-launching aplikasi SIP-Kumham. Aplikasi ini merupakan database permasalahan hukum dan HAM pertama di Indonesia yang memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence yang memadukan teknologi Crawling dan Machine Learning dari kurang lebih 80 Media online dan media sosial Twitter dari Satuan Kerja di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM sehingga menghasilkan data yang komprehensif dan realtime.

Pada kegiatan ini disampaikan pula pemberian Penghargaan kepada 22 Individu serta 20 Lembaga dan Instansi. Namun karena situasi pandemi, tidak semua penghargaan dapat diberikan secara langsung.

Sebagai bentuk rasa syukur dan suka cita, pada peringatan Hari Dharma Karyadhika tahun 2020 ini, Kementerian Hukum dan HAM melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan yang disesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini. Salah satu kegiatan yang diselenggarakan adalah 14 Konferensi Ilmiah Internasional hukum dan HAM bertema, “Reimagining the Vision on Law and Human Rights.” Kegiatan ini dalam upaya menampung ide dan gagasan secara ilmiah dalam rangka me-manage dan menarasikan relasi antara pemerintah dan masyarakat dalam masa pandemi dan revolusi industri 4.0 terutama dalam kerangka penegakan hukum dan perlindungan hak asasi manusia. Kementerian Hukum dan HAM juga melaksanakan kegiatan Kumham Peduli, Kumham berbagi. Hal ini wujud nyata kepedulian jajaran Kementerian Hukum dan HAM kepada masyarakat di sekitar lingkungan kantor unit utama, kantor wilayah, dan kantor Unit Pelaksana Teknis; untuk sedikit meringankan beban masyarakat yang secara ekonomi sangat terdampak pandemi COVID-19.

Selain itu, untuk menyalurkan kreativitas dan kemampuan ASN Kementerian Hukum dan HAM di bidang seni, dilaksanakan kegiatan lomba puisi, lomba pidato, dan lomba lagu dengan tema Hari Dharma Karyadhika Tahun 2020.

Kegiatan yang berpusat di Graha Pengayoman ini diikuti secara virtual oleh seluruh Kantor Wilayah dan jajaran Unit Pelaksana Teknis di Seluruh Indonesia. Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel turut hadir menjadi bagian dalam kegiatan ini. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah, Agus Toyib, didampingi para Kepala Divisi serta Pejabat Administrasi Kantor Wilayah. (Humas Kanwil Kalsel – teks : Yusika, foto : Yusika, Ricky, ed : Eko)

WhatsApp Image 2020 10 27 at 15.40.04

WhatsApp Image 2020 10 27 at 15.40.04

WhatsApp Image 2020 10 27 at 15.40.04

WhatsApp Image 2020 10 27 at 15.40.04

WhatsApp Image 2020 10 27 at 15.40.04

WhatsApp Image 2020 10 27 at 15.40.04

WhatsApp Image 2020 10 27 at 15.40.04

Cetak