Perwakilan Kanwil Kemenkumham Kalsel Ikuti Pembukaan dan Pelaksanaan Lomba CTADP

WhatsApp Image 2020 10 19 at 21.44.04 6

Banjarmasin, Humas_Info – bertempat di Ruang Rapat Kepala Kantor Wilayah, Kanwil Kalsel mengikuti pembukaan kegiatan lomba CTADP (Cepat Tepat Daring Akuntansi Pemerintahan) pada hari Senin, (19/10). Dijelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengukuran outcome pembinaan kegiatan penyusunan laporan keuangan di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, selain itu ini juga dilakukan dalam upaya meningkatkan motivasi pejabat penyusun laporan keuangan untuk sensantiasa meningkatkan kapasitas diri, ungkap Ketua Panitia CTADP, Kepala Biro Keuangan, Wisnu Nugroho Dewanto.

Dalam kegiatan ini, Ketua Panitia menyampaikan bahwa pada bulan September 2020 Kemenkumham meraih 2 prestasi yang membanggakan dalam acara rapat kerja nasional akuntansi pemerintahan, yaitu : 1. memperoleh penghargaan dari Kementerian Keuangan sebagai Kementerian yang 10 (sepuluh) kali berturut-turut mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan serta 2 orang pegawai Biro Keuangan meraih juara I Lomba Cerdas Cermat Online tangkas akuntansi pemerintah kategori pegawai pemerintahan pusat dan pemerintah daerah.

Pegawai Kemenkumham sangat antusias terhadap kegiatan ini. Dikarenakan oleh adanya pandemi Covid-19 beserta aturan PSBB di beberapa daerah, maka kegiatan ini dilaksanakan secara daring dari tempat peserta guna memutus rantai mata rantai Covid-19
Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai bentuk pembinaan penyusunan laporan keuangan yang diberikan oleh Sekretariat Jenderal sebagai koordinator penyusunan laporan keuangan Kemenkumham kepada unit Eselon I dan Kantor Wilayah.

Meningkatkan kapasitas dan kompetensi para pejabat dan pegawai penyusun laporan keuangan di lingkungan Kemenkumham serta motivasi pejabat dan pegawai penyususn laporan keuangan melalui kompetisi dan salah satu upaya Kemenkumham dalam menghasilkan penyusunan laporan keuangan yang akuntabel, transparan, dan berkualitas serta sesuai standar akuntansi pemerintah.

Lomba CTADP ini diikuti oleh 202 orang peserta, yang terdiri dari beberapa kategori lomba, diantaranya yaitu 19 peserta mengikuti kategori manajerial unit eselon I, 61 peserta mengikuti kategori manajerian Kantor Wilayah, 22 peserta yang berasal dari kategori pelaksana unit EseIon I, dan kategori Pelaksana Kantor Wilayah diikuti oleh 100 orang peserta.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Bambang Rantam Sariwanto mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan suatu inovasi karena ini bagian penting sebagai bentuk komitmen bersama bagaimana kita sama-sama ingin menaati standar akuntansi pemerintah. "Pengadaan lomba CTADP ini merupakan salah satu bagian dari peringatan HDKD. Di tahun 2020, logo HDKD adalah merpati, yang bermakna ‘merpati tidak pernah ingkar janji’. Kemenkumham ingin menepati janjinya kita berkomitmen ingin menepati janjinya untuk dapat melakukan pengelolaan keuangan yang akuntabel dan berkualitas," tandasnya.

Dengan ditetapkannya Kemenkumham sebagai peraih WTP sebanyak 10 kali berturut-turut, diharapkan di 5 tahun ke depan Kemenkumham dapat mempertahankan opini tersebut.
Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI memberikan apresiasi yang luar biasa, serta berkomitmen ingin mengeluarkan image bahwa Kemenkumham pun mampu memenuhi standar akuntansi pemerintah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. (Humas Kanwil Kalsel teks, foto : Yusika)

WhatsApp Image 2020 10 19 at 21.44.04 6

WhatsApp Image 2020 10 19 at 21.44.04 6

WhatsApp Image 2020 10 19 at 21.44.04 6

WhatsApp Image 2020 10 19 at 21.44.04 6

WhatsApp Image 2020 10 19 at 21.44.04 6


Cetak   E-mail