Dua Pejabat Struktural UPT Pemasyarakatan Kemenkumham Kalsel Ikuti Ujian Inpassing Jabatan Fungsional Pembimbing Kemasyarakatan

WhatsApp Image 2020 09 18 at 2.19.22 PM

Banjarmasin, Humas_info - Pelaksanaan Uji Kompetensi Inpassing Jabatan Fungsional Menggunakan Computer Based Test (CBT) Online kembali dilaksanakan di Kanwil Kemenkumham Kalsel. Kali merupakan ujian inpassing untuk menjadi Pembimbing Kemasyarakatan, diikuti oleh dua pejabat struktural UPT Pemasyarakatan yakni Kepala Lapas Kelas IIB Tanjung, Mohamad Yahya dan Kepala Urusan Umum Lapas Kelas IIB Banjarbaru, Muhammad Heriyadi, Jum'at (18/09/2020) bertempat di ruang rapat Divisi Administrasi.

Tugas Pembimbing Kemasyarakatan sendiri adalah melakukan penelitian kemasyarakatan dan melaksanakan bimbingan kemasyarakatan, dimana peran utama Pembimbing Kemasyarakatan adalah memberikan informasi terhadap klien, membantu klien memperkuat motivasi, membantu klien dalam pengambilan keputusan, dan memberikan dukungan terhadap profesi dan sektor-sektor lain guna peningkatan kualitas pelayanan terhadap klien pemasyarakatan. Oleh karena itu, kompetensi yang sesuai harus dimiliki pagi pemangku jabatan fungsional Pembimbing Kemasyarakatan, dan untuk mengetahui sejauhmana pengetahuan yang miliki maka dilakukan ujian sebelum menduduki jabatn tersebut, terlebih jabatan yang akan diduduki adalah Pembimbing Kemasyarakatan Madya.

Pelaksanaan kegiatan ini dipandu dan dipantau oleh Kepala Sub Bagian Kepagawaian, TU dan Rumah Tangga, Slamet Riyadi yang menjelaskan, "untuk inpassing kali ini dilaksananakan secara online melalui Test (CBT), untuk Kalsel sendiri memang untuk Pembimbing Kemasyarakartan memang masih dibutuhkan secara kuantitatifnya terlebih kita sendiri ada Bapas baru yang dibangun dan membutuhkan JFT PK," ucapnya saat ditemui.

Seorang Pembimbing Kemasyarakatan harus mampu menjabarkan tugas, fungsi, dan peran Pembimbing Kemasyarakatan secara tepat untuk menunjang pelaksanaan tugas di lapangan. Apabila tugas, fungsi dan peran Pembimbing Kemasyarakatan dapat diterapkan secara menyeluruh, selaras, dan bersinergi antara satu dengan lainnya sehingga akan muncul kualitas seorang Pembimbing Kemasyarakatan yang ideal. (Humas Kanwil Kalsel, foto dan teks : Pendi, ed : Eko)

WhatsApp Image 2020 09 18 at 2.19.22 PM

WhatsApp Image 2020 09 18 at 2.19.22 PM


Cetak   E-mail