Lewat Vicon, Kemenkumham Kalsel Simak Pengarahan Sekretaris Jenderal Terkait Percepatan Serapan Anggaran TA 2020

 SAVE 20200914 192413

Banjarmasin, Humas_info - Evaluasi merupakan bagian tidak terpisahkan dalam pengelolaan organisasi agar capaian kinerja dapat terpantau dan tercapai secara baik. Dari berbagai sisi evaluasi salah satu yang perlu dievaluasi dalam capaian kinerja instansi pemerintah yaitu pada realisasi anggaran. Oleh karenanya, kinerja pelaksanaan anggaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia TA 2020, menjadi perhatian pimpinan Kementerian Hukum dan HAM, dalam hal ini Sekretaris Jenderal dengan melaksanakan Kegiatan Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran melalui media video conference bersama jajaran Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis baik Pemasyarakatan maupun Imigrasi. Kegiatan diselenggarakan Senin, (14/09/2020) yang juga diikuti oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan bertempat di Ruang Rapat Kepala Kantor Wilayah.

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Kantor Wilayah, Agus Toyib, di dampingi oleh Kepala Divisi Administrasi, Edy M.S. Hidayat serta Kepala Bagian Umum, Rakhmat Renaldy dan Kepala Sub Bagian Peengelolaan Keuangan dan BMN, Eko Herdianto.

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI, Bambang Rantam Sariwanto Menjelaskan "Ada beberapa hal yang menjadi catatan penting kita untuk diketahui agar pelangsanaan penyerapan anggaran yang terkait TA. 2020 ini bisa terjaga seperti tahun sebelumnya, memang seperti yang kita ketahu tahun ini agak berbeda karena Covid-19 yang melanda Indonesia ini yang menjadi catatan kita bagaimana kita terus menjaga kondisi kinerja kita yang sudah bagus dan kita pertahankan sampai tahun 2020." ucapnya sekaligus memberikan paparan penyerapan anggaran.

Sekretaris Jenderal menjelaskan sampai dengan tanggal 14 September 2020 Kementerian Hukum dan HAm RI sudah melaksanakan penyerapan sebesar 59,17%, dimana ini menjadi faktor pemicu untuk mepercepat penyerapan di seluruh satuan kerja guna pemenuhan target capaian yang ditentukan, baik ditingkat Unit eselon I maupun Kantor Wilayah dan UPT. Untuk Kanwil Kemenkumaham Kalsel sendiri sudah menempati posisi ke-9 dalam Realisasi Anggaran Kantor Wilayah (DIPA Setjen) T.A 2020 dan diharapkan kedepannya akan terus dipercepat penyerapannya oleh seluruh Divisi sesuai dengan arahan Kepala Kantor Wilayah.

Kegiatan juga dilakukan dua arah dimana interaksi juga dilakukan oleh beberapa Kantor Wilayah sebagai bahan evaluasi Sekretariat Jenderal dalam mengatur strategi kedepannya.

Diakhir kegiatan, Kepala Biro Perencanaan, Iwan Kurniawan menyampaikan kepada seluruh peserta vicon untuk memantau penilaian capaian kinerja dan pelaksanaan anggaran melalui indikator pelaksanaan anggaran dan Aplikasi SMART. Serta serta melaksanakan langkah percepatan penyerapan anggaran seperti melakukan percepatan pelaksanaan kegiatan secara efektif sehingga mampu menyerap anggaran secara tepat, efisien dan akuntabel serta memprioritaskan pencairan anggaran terhadap kegiatan-kegiatan yang berdampak pada masyarakat secara luas.

Karoren juga menghimbau untuk mengoptimalkan metode daring atau virtual untuk kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan banyak orang dan memerlukan tatap muka. (Humas Kanwil Kalsel, foto dan teks : Pendi, ed : Eko)

SAVE 20200914 192332SAVE 20200914 192332SAVE 20200914 192332SAVE 20200914 192332SAVE 20200914 192332


Cetak   E-mail