Konsultasi Teknis Pemasyarakatan Kembali Digelar Bagi Pejabat Keamanan dan Ketertiban

IMG 0200 

Banjarmasin, Humas_info - Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan kembali menggelar Konsultasi Teknis Pemasyarakatan Bagi Pejabat Keamanan dan Ketertiban pada UPT Pemasyarakatan di wilayah Kalimantan Selatan tahun anggaran 2020, bertempat di Hotel Roditha Banjarmasin, Rabu (29/07).

Peserta kali ini dikhususkan untuk pejabat keamanan dan ketertiban pada UPT Pemasyarakatan, yang dihadiri oleh Kakanwil kalsel, Agus Toyib didampingi oleh Kadiv Administasi, Edy M. S. Hidayat dan Kadiv Pemasyarakatan, Abdul Karim serta pejabat administrator dan pejabat pengawas pada Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kalsel.

Narasumber dari kegiatan ini yaitu Kasubdit Intelijen pada Ditjenpas, M. Dwi Sarwono, Wakil Direktur Intelkam Polda Kalsel, Bagus Suseno dan Kadiv Pemasyarakatan, Abdul Karim.Diawali dengan laporan ketua panitia, Pujiono Slamet dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Kakanwil Kalsel, Agus Toyib yang sekaligus membuka kegiatan Konstek pemasyarakatan, ia mengatakan "pejabat kamtib itu berbeda dengan kesatuan pengamanan, yang mana pejabat Kamtib bertanggung jawab pada kesatuan pengamanan mengatur roster, kita harus mengenali lebih dulu tugas fungsi sehingga bisa optimal dalam menjalankan tugas. Para peserta diharapkan setelah mendapatkan Konstek ini bisa diimplementasikan pada UPT saudara, karena keberhasilan Lapas Rutan itu hasil dari koordinasi, bersinergi antar instansi terkait, semua peran pejabat yang ada di UPT harus saling menguatkan," jelasnya.

Selanjutnya dimoderatori oleh Kasubbid Pembinaan, Bimbingan Pemasyarakatan dan pengentasan anak, Purwantoro, narasumber dari Ditjenpas, M. Dwi Sarwono (Kasubdit Intelijen) memaparkan deteksi dini dalam pencegahan gangguan Kamtib pada Lapas dan Rutan. Fungsi intelijen pemasyarakatan melalui deteksi dini yaitu penyelidikan, pengamanan dan penggalangan sehingga dapat mencegah, menangkal gangguan Kamtib yang ada di Lapas dan Rutan.

Dilanjutkan dengan pemaparan dari Wakil Direktul Intelkam pada Polda Kalsel, Bagus Suseno memaparkan sinergitas Polri dan Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalsel dalam menjaga Kamtibmas di Prov. Kalsel dan sinergitas yang sudah dilakukan antara lain Polda Kalsel telah berkoordinasi dan bekerja sama dengan Divisi pemasyarakatan dan Lapas Rutan di wilayah Kalsel, Direktorat Intelkam Polda Kalsel telah berkoordinasi dengan Bapas Banjarmasin dalam pengawasan napi yang menerima asimilasi.

Narasumber terakhir yaitu dari Kadiv Pemasyarakatan, Abdul Karim menjelaskan tentang tugas intelijen pemasyarakatan merupakan upaya yang terencana dan terarah untuk mencari dan mengumpulkan suatu informasi dengan resiko yang telah diperhitungkan. Kegiatan intelijen pada Lapas dan Rutan harus dikembangkan sehingga dapat menjaga dan memelihara Kamtib dan menjaga situasi tetap kondusif. (Humas Kanwil Kalsel, foto dan teks: Ricky, ed: Eko)

 

IMG 0201IMG 0201IMG 0201IMG 0201IMG 0201IMG 0201IMG 0201IMG 0201IMG 0201IMG 0201IMG 0201IMG 0201IMG 0201IMG 0201

Cetak