Ikuti Pembukaan Rakor Pengendalian Capaian Kinerja, Para Pejabat Pimti Pratama Kanwil Kalsel Hadir Lengkap

IMG 7922

 

Banjarmasin, Humas_Info - Jajaran Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan mengikuti Pembukaan Rapat Koordinasi Capaian Kinerja Semester I Tahun 2020, bertempat di Aula Kanwil Kalsel, Senin (29/06). Rakor ini diadakan dalam rangka evaluasi pelaksanaan target kinerja yang sesuai dengan perjanjian kinerja tahun 2020 yang dibuka oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly.

Para Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Kalsel yang hadir terdiri dari Kepala Kantor Wilayah, Agus Toyib, Kepala Divisi Administrasi, Edy M. S. Hidayat, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Abdul Karim, Kepala Divisi Keimigrasian, Teodorus Simarmata dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ngatirah. Seluruhnya hadir menyaksikan pembukaan sejak awal acara hingga rangkaian kegiatan hari pertama Rakor berakhir.

Rakor ini, termasuk prosesi pembukaan hari diadakan secara virtual melalui aplikasi zoom yang terpusat di Graha Pengayoman Kemenkumham karena Pandemi Covid-19, untuk mencegah penularan dengan melaksanakan pembatasan pertemuan banyak orang secara fisik atau phisycal distancing. Diawali dengan Laporan oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Bambang Rantam Sariwanto melaporkan, "kegiatan rakor ini bertemakan 'Tatanan Normal Baru Kumham Pasti Produktif', dengan maksud dan tujuan melakukan evaluasi terhadap capaian kinerja seluruh kantor wilayah. Peserta kegiatan berjumlah 247 orang yang terdiri dari seluruh Pimti Madya, Staf Ahli, Staf Khusus/Penasehat Menteri, Pimti Utama serta Pimti Pratama seluruh Kanwil. Pelaksanaan dari tanggal 29 Juni sampai dengan 02 Juli 2020 serta mekanisme pelaksanaan dilakukan secara virtual," lapornya.

Berlanjut pada Sambutan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Yasonna H. Laoly yang sekaligus membuka kegiatan rakor mengatakan, "Segera realisasikan anggaran masing-masing secara akuntabel, khususnya belanja modal karena dengan membelanjakan APBN akan mendorong program padat karya di sektor konstruksi dan mempercepat proses pemulihan ekonomi di masa pandemi ini," ucapnya.

Yasonna juga menekankan bahwa di era New Normal ini jajaran Kemenkumham harus terus produktif. Masa New Normal tidak dapat dijadikan alasan untuk berhenti berinovasi, manuver-manuver untuk mempercepat penyelesaian kinerja harus terus dilaksanakan guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Yasonna juga berpesan agar kinerja Kemenkumham harus berorientasi pada publik, sehingga jika ada isu yang diviralkan tidak perlu panik, namun segera lakukan counter argumentatif dengan bahasa penyampaian dan narasi yang baik, santun dan tidak menimbulkan perbedaan persepsi.

Dilanjutkan pembekalan oleh Inspektur Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto tentang akuntabilitas anggaran di masa pandemi covid-19. Dan pembekalan dari Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Bambang Rantam Sariwanto yang mengatakan, "apakah kita siap atau tidak siap dalam apa yang sudah Bapak Menteri katakan pada sambutan tadi, tentunya kita harus selalu siap menerima tantangan yang ada dihadapan kita," ujarnya.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan pengarahan dari Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Ekonomi dan Kepala Biro Kepegawaian terkait dengan mekanisme evaluasi dan Jobfit. Di acara pembukaan Rapat Koordinasi juga diselipkan penandatangan Perjanjian Kerjasama antara Kememkumham dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terkait dengan penerapan Sertifikat Elektronik. (Humas Kanwil Kalsel - foto dan teks: Ricky)

IMG 7922

IMG 7922

IMG 7922

IMG 7922

IMG 7922

IMG 7922IMG 7922

Cetak