Penyerahan Remisi Khusus Idul Fitri 1441 H Secara Simbolis oleh Kakanwil Kalsel di Lapas Banjarmasin

IMG 6220

Banjarmasin, Humas_Info - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banjarmasin mengadakan acara pemberian Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Minggu (24/05) yang diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan, Agus Toyib, yang juga dihadiri oleh Pejabat Pimti Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas juga perwakilan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menerima remisi khusus. Kegiatan penyerahan remisi ini dilaksanakan di aula Lapas Banjarmasin.

Diawali dengan sambutan Kalapas Banjarmasin, Imam Setya Gunawan menyampaikan "selamat kepada WBP yang menerima remisi pada hari ini mudah-mudahan ini membawa penyemangat untuk berbuat lebih baik lagi," ungkapnya.

Acara yang dilaksanakan dengan penyesuaian physical distancing akibat penyebaran Covid-19 digelar secara sederhana sebagai bagian dari upaya pencegahan. Usai sambutan Kalapas Banjarmasin, dilanjutkan penyerahan SK remisi secara simbolis oleh Kakanwil Kalsel, Agus Toyib, kepada 2 orang perwakilan WBP yang mewakili sebanyak 994 (sembilan ratus sembilan puluh empat) orang WBP Lapas Banjarmasin yang memperoleh remisi.

Membacakan Sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia yang  Kakanwil Kalsel, Agus Toyib menyampaikan, "Sistem pemasyarakatan bertujuan agar WBP menyadari kesalahannya, memperbaiki diri dan tidak mengulangi perbuatannya sehingga dapat kembali pada masyarakat. Remisi yang saudara terima hari ini adalah salah satu hak yang diberikan negara atas pencapaian yang sudah saudara lakukan selama menjalani pembinaan di Lapas dan Rutan. Pemberian remisi ini diharapkan dapat memotivasi saudara untuk mencapai penyadaran diri yang tercermin dari sikap dan perilaku sehari-hari serta meningkatkan optimisme dalam menjalani pidana," jelasnya.

"Alhamdulillah lebaran tahun ini ada yang langsung bebas, kami ikut senang atas remisi yang telah diterima WBP Lapas Banjarmasin", tambahnya.

Salah satu warga binaan yang mendapatkan remisi khusus mengatakan senang dan berterimakasih kepada pemerintah serta berjanji akan selalu berbuat baik di tengah masyarakat dan tidak akan mengulangi tindak pidana lagi. (Humas Kanwil Kalsel - foto & teks: Ricky, ed: Eko)

IMG 6221

IMG 6221

IMG 6221

IMG 6221

IMG 6221

IMG 6221

IMG 6221

IMG 6221

IMG 6221

Cetak