Kakanwil Ingatkan Pegawai : ASN Harus Setia Pancasila dan UUD 1945

apt1
Banjarmasin, Humas_Info - Kamis (17/10), Rutinitas apel pagi kali ini terlihat berbeda, karena pelaksanaannya tidak bertempat di halaman Kantor Wilayah, namun di Aula Kantor Wilayah. Hal ini berkaitan dengan karena hujan yang sedang mengguyur Kota Banjarmasin sehingga apel tidak dapat dilangsungkan di halaman Kantor Wilayah. Topik pengarahan Pembina Apel hari ini, yang disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Agus Toyib berkenaan dengan pemanfaatan media sosial yang tidak bijak dan konsekuensinya.

Bertindak sebagai Pembina Apel Pagi, Kepala Kantor Wilayah, Agus Toyib menyampaikan arahan terkait paham anti-Pancasila ataupun ujaran kebencian lainnya. Pengarahan hari ini berkaitan dengan adanya pemecatan pegawai Kementerian Hukum dan HAM akibat postingannya di sosial media yang mengunggah konten anti Pancasila. Kakanwil memperingatkan seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan agar selalu berhati-hati dalam bermedia sosial.

Kakanwil meminta kepada seluruh pegawai agar selalu berhati-hati jangan sampai pegawai Kemenkumham mengikuti paham yang bertentangan dengan Pancasila, karena tanggung jawab sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Semalam saya melakukan kontak dengan Pak Irjen dan harus mengingatkan hal semacam ini dapat berdampak pada status kita sebagai ASN. Kita tahu bahwa ASN harus punya loyalitas terhadap pemerintah. Sebagai ASN, semua pernah mengucapkan sumpah sebagai ASN beberapa tahun lalu, setia kepada negara, setia kepada pancasila, serta UUD 1945 dan kita harus ingat semua yang berkaitan dengan sumpah tersebut.”

Kakanwil mempersilahkan bagi para ASN yang memiliki paham lain, namun pegawai tersebut harus menerima konsekuensinya, dan dia harus keluar sebagai ASN, “kalau kita dalam perjalanan memiliki pemahaman lain, itu pilihan, saya tidak menghalangi, saya tidak melindungi, silahkan saja, tapi konsekuensinya Anda harus keluar dari ASN,” ungkapnya seraya memperingatkan.

Apel pagi kali ini diikuti oleh seluruh jajaran Kantor Wilayah, mulai dari Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, JFT dan JFU, CPNS dan Siswa Magang. (Kanwil Kalsel)

apt2apt2


Cetak   E-mail