PETUGAS KESEHATAN LAPAS NARKOTIKA KARANG INTAN IKUTI MEETING OF COC/SUFA KABUPATEN BANJAR 2022

 WhatsApp Image 2022 06 22 at 09.53.29 1

Martapura, INFO_PAS – Bertempat di Aula Lantai 3 Bapelitbang Jl A Yani No.2 Keraton Martapura, petugas kesehatan Poliklinik Lembaga  Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Anjar Ani ikuti meeting of Coc/SUFA (Strategic Use For ARV) sebagai bentuk penguatan layanan HIV Continum of Care bagi lintas sektor, dan pengelola program HIV di layanan kesehatan tingkat Kabupaten Banjar tahun 2022, awal pekan tadi.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar ini, sehubungan dengan capaian standar pelayanan minimal bidang kesehatan dan penyebarluasan informasi HIV (human immunodeficiency virus), AIDS (acquired immune deficiency syndrome) dan IMS (infeksi menular seksual) di Kabupaten Banjar, yang bertujuan untuk meningkatkan cakupan penemuan secara dini pada kelompok berisiko di masyarakat.

Meeting of Coc/SUFA ini, saya rasa sangat diperlukan, karena selain sebagai sarana informasi situasi kondisi HIV AIDS dan IMS di Kabupaten Banjar, pertemuan ini juga sarana diskusi, mengenai permasalahan-permasalahan yang ada di layanan kesehatan, khususnya mengenai layanan HIV AIDS dan IMS, sehingga bisa ditemukan solusi sesegera mungkin, dan menurut saya, kegiatan seperti ini perlu dilaksanakan secara rutin,” ungkap Anjar, Rabu (22/6/22).

Peserta pada kegiatan meeting of Coc/SUFA, para pelaksana program serta sumber-sumber pendukung untuk pelaksanaan kegiatan, baik yang berasal dari instansi Pemerintah maupun swasta yang berada di wilayah Kabupaten Banjar, seperti Puskesmas, Lembaga Pemasyarakatan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang menaungi layanan HIV.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Banjar drg. Yasna Khairina, kegiatan dilanjutkan paparan terkait situasi kondisi HIV AIDS dan IMS di Kabupaten Banjar, serta rencana kegiatan yang akan dilaksanakan. Selain itu, juga dilaksanakan diskusi dan tanya jawab terkait permasalahan yang sedang dialami layanan fasilitas kesehatan terkait HIV AIDS dan IMS yang dipimpin oleh Dewi Ariyani, selaku pengelola program HIV AIDS dan IMS Dinas Kesehatan Banjar.

Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo menuturkan, sinergi dan kerjasama yang baik dengan Dinas Kesehatan Banjar telah terjalin, dan Lapas Narkotika Karang Intan siap sedia mendukung pelaksanaan program kesehatan yang diselenggarakan Dinas Kesehatan, khususnya mengenai target-target capaian yang harus dipenuhi Dinas Kesehatan.

“Kerjasama yang baik sudah terjalin lama dengan Dinas Kesehatan Banjar, utamanya program yang berhubungan dengan kesehatan warga binaan, misalnya pemeriksaan HIV/AIDS melalui program VCT mobile, vaksinasi Covid-19 maupun kegiatan lainnya. Kami berkomitmen mendukung penuh pelaksanaan program-program dan ketercapaian target Dinas Kesehatan Banjar, dan kami pun terbantu dalam mendukung pelaksanaan tugas Pemasyarakatan yang diselenggarakan Lapas Karang Intan,” pungkas Kalapas.

WhatsApp Image 2022 06 22 at 09.53.29WhatsApp Image 2022 06 22 at 09.53.29

Red – Anjar Ani/Arbiansyah

Ed – Lukman Hendru


Cetak   E-mail