LAPAS NARKOTIKA KARANG INTAN IKUTI BIMTEK MANAJEMEN MITIGASI BENCANA UPT PAS KEMENKUMHAM KALSEL

 WhatsApp Image 2022 06 17 at 10.38.03

Banjarmasin, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, ikuti kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Mitigasi Bencana bagi Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan, yang diselenggarakan oleh Divisi Pemasyarakatan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, di Hotel Rodhita Banjarmasin, berlangsung tanggal 16-17 Juni 2022.

Kegiatan bimtek dengan Tema “UPT Pemasyarakatan Kalimantan Selatan Tangguh Bencana”, dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Lilik Sujandi yang juga bertindak sebagai keynote speaker pada kegiatan, dengan penyampaian materi mengenai mitigasi bencana.

”Output tertinggi dan tujuan, dari setiap kegiatan adalah keselamatan, dalam hal apapun faktor pertama yang diperhitungkan adalah keselamatan. Meskipun para peserta Bimtek ini, sudah menguasai materi, namun ketika terjadi bencana, maka peran pimpinanlah yang menjadi penting, sebagai pengambil keputusan. Karena itu, para pimpinan harus menguasai terkait manajemen mitigasi bencana ini,” tutur Lilik Sujandi dalam sepenggal materi yang disampaikan.

Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo didampingi Kepala Subbagian Tata Usaha, Lukman Hendru, hadiri kegiatan Bimtek tersebut dan dirinya mengungkapkan, bahwa Bimtek yang diikutinya, penting sebagai bagian dalam memitigasi potensi bencana jika terjadi di Lapas Narkotika Karang Intan.

“Kegiatan ini, Saya rasa penting sebagai salah satu upaya pengurangan risiko, mengantisipasi kejadian bencana, meminimalkan korban dan kerugian jika sewaktu-waktu terjadi bencana, sehingga kita lebih siap, dan menghindari kerugian yang lebih besar,” ungkap Kalapas, Jum’at (17/6/22).

Kegiatan pembukaan Bimtek dihadiri oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Sri Yuwono, Kepala Divisi Administrasi, Rifqi Adrian Kriswanto, Kepala Divisi Keimigrasian, Junita Sitorus, dan Pejabat Administrator Kanwil Kemenkumham Kalsel serta Kepala UPT Pemasyarakatan didampingi Pejabat Struktural dari masing-masing UPT.

Adapun pemateri pada kegiatan Bimtek kali ini, BPBD Kota Banjarmasin mengenai Mitigasi Bencana Alam Banjir dan dari Dinas Pemadam Kebakaran mengenai Mitigasi Kebakaran Gedung/Bangunan sekaligus simulasi langsung bersama peserta Bimtek, yang diagendakan berlangsung pada hari kedua kegiatan Bimtek.

WhatsApp Image 2022 06 17 at 10.38.03 1WhatsApp Image 2022 06 17 at 10.38.03 1WhatsApp Image 2022 06 17 at 10.38.03 1

WhatsApp Image 2022 06 17 at 10.36.24WhatsApp Image 2022 06 17 at 10.36.24

Red – Arbiansyah

Ed – Lukman Hendru


Cetak   E-mail