KERJASAMA LAPAS NARKOTIKA KARANG INTAN – RUMAH KOI MARTAPURA HADIRKAN INDUKAN KOI DARI JEPANG

 WhatsApp Image 2022 06 15 at 12.52.14

Karang Intan, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, mulai datangkan indukan ikan Koi impor dari Jepang, pada kolam pemijahan pembinaan kemandirian warga binaan, di area Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE). Hadirnya indukan ikan Koi tindak lanjut atas kunjungan yang sebelumnya dilakukan oleh Rumah Koi Martapura.

Pelepasan 3 indukan ikan Koi yang terdiri dari 1 ekor betina dan 2 ekor jantan ini dilakukan langsung oleh Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo bersama perwakilan dari Rumah Koi Martapura. Indukan ini akan dikarantina untuk beberapa waktu, beradaptasi dengan air dan lingkungan yang baru sebelum dilakukan pemijahan.

“Kita mendapatkan bantuan 3 indukan dari Rumah Koi Martapura, ikannya dikarantina terlebih dahulu, penyesuaian dan pencegahan, dari hal-hal yang tidak diinginkan terhadap indukan ini,” ungkap Kalapas, Rabu (15/6/22).

Lebih lanjut, orang nomor satu di Lapas Narkotika Karang Intan ini berharap, adanya bantuan indukan dari Rumah Koi Martapura, semakin membesarkan program pembinaan yang diselenggarakan, untuk membekali warga binaan keahlian yang berguna saat selesai menjalani pidana di Lapas Narkotika Karang Intan.

“Harapan kami, dengan adanya indukan impor dari Jepang ini, semakin membesarkan program pembinaan kemandirian perikanan, terlebih budidaya ikan Koi yang kita selenggarakan, menjadi salah satu program unggulan Lapas Narkotika Karang Intan, dan semakin memberikan dampak yang baik khususnya bagi warga binaan, sebagai bekal saat mereka bebas nanti,”

Kepala Subseksi Bimbingan Kerja dan Pengelolaan Hasil Kerja, Ferry Maydani selaku pejabat yang membidangi, juga mendampingi pada saat proses pelepasan indukan mengucapkan terima kasih atas bantuan indukan Koi yang diberikan Rumah Koi Martpaura, untuk mendukung pembinaan perikanan di Lapas Narkotika Karang Intan.

"Kami sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih, atas datangnya 3 ekor indukan Koi bantuan dari Rumah Koi Martapura, sebagaimana yang sudah direncanakan. Mudah-mudahan, bisa menjadi media bagi warga binaan, untuk dapat menerapkan ilmu pemijahan, yang pernah mereka dapatkan sebelumnya, dari pelatihan perikanan yang Lapas Narkotika Karang Intan selenggarakan, dan warga binaan bisa sukses, untuk melakukan budidaya ikan Koi," tutur Ferry.

Salah seorang perwakilan dari Rumah Koi Martapura, Arif Janson mengungkapkan, indukan Koi kualitas super ini didatangkan, untuk semakin memajukan program budidaya ikan Koi di Lapas Narkotika Karang Intan. "Hari ini telah kami hantarkan 3 ekor ikan Koi kualitas super, sesuai rencana Kami di awal, pada kunjungan sebelumnya. Semoga proses pemijahan bisa sukses, dan bisa memajukan perikanan di Lapas Narkotika Karang Intan, khususnya budidaya ikan Koi,” tutupnya.

WhatsApp Image 2022 06 15 at 12.52.14 1WhatsApp Image 2022 06 15 at 12.52.14 1WhatsApp Image 2022 06 15 at 12.52.14 1WhatsApp Image 2022 06 15 at 12.52.14 1WhatsApp Image 2022 06 15 at 12.52.14 1

Red – Arbiansyah

Ed – Lukman Hendru


Cetak   E-mail