DIRWATKESHAB DITJENPAS TINJAU PENYELENGGARAAN REHABILITASI LAPAS NARKOTIKA KARANG INTAN

 WhatsApp Image 2022 05 19 at 13.56.04 2

Karang Intan, INFO_PAS – Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi (Dirwatkeshab), Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, Muji Raharjo Drajat Santoso, didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Sri Yuwono, kunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Kamis (19/5/22).

Rombongan diterima langsung oleh Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo dan jajaran Pejabat Struktural, yang kemudian langsung meninjau ruang pendaftaran titipan barang, sarana prasarana layanan dan fasilitas ruang tunggu kunjungan, yang memang berada di bagian depan bangunan Lapas.

Memasuki bagian dalam Lapas Narkotika Karang Intan, didampingi Kalapas dan Pejabat Struktural, Dirwatkeshab kemudian melihat langsung pengolahan bahan makanan di Dapur Bersih Lapas Narkotika Karang Intan, dan menyempatkan berbincang dengan warga binaan  yang berkegiatan mengolah makanan untuk warga binaan lainnya.

Direktur yang membidangi pelaksanaan rehabilitasi di Lapas/Rutan seluruh Indonesia ini, menyempatkan melihat langsung pelaksanaan rehabilitasi warga binaan Lapas Narkotika Karang Intan, dan menyampaikan beberapa arahan mengenai penyelenggaran rehabilitasi yang sedang mereka ikuti.

“Mas-mas ini merupakan orang-orang terpilih, dari ratusan ribu warga binaan yang ada di Lapas/Rutan seluruh Indonesia, yang telah mengikuti asesmen, yang diharapkan oleh negara, untuk menjadi orang yang sembuh dari ketergantungan narkoba, menjadi role model, untuk menularkan dan mengajak teman-teman lainnya berhenti dari ketergantungan narkoba,” jelas Dirwatkeshab membuka arahannya.

“Jadikan kegiatan ini menjadi semangat kita bersama, semangat negara untuk anda menjadi orang baik, sembuh dari ketergantungan, sehat dan lebih produktif,” lanjutnya di hadapan puluhan warga binaan residen rehabilitasi.

Kepala Lapas Narkotika Karang Intan menuturkan, kunjungan yang dilakukan oleh Dirwatkeshab diharapkan menjadi motivasi bagi warga binaan untuk bisa kembali produktif terbebas dari ketergantungan narkoba, dari yang semula adiktif menjadi adaptif yang positif.

“Direktur berkesempatan hadir, mengunjungi Lapas Narkotika Karang Intan, dalam lawatannya pada kegiatan Rakernis Pemasyarakatan yang kemarin diselenggarakan, beliau meninjau pelaksanaan layanan yang kita selenggarakan, melihat dan memberikan arahan kepada residen rehabilitasi, tentu kita berharap hadirnya beliau, menjadi penyemangat bagi warga binaan residen untuk sembuh, berhenti dari ketergantungan narkoba, berkat dukungan dan motivasi yang baru saja disampaikan oleh beliau,” ungkap orang nomor satu di Lapas Narkotika Karang Intan ini.

Kesempatan tersebut, Dirwatkeshab juga meninjau layanan kesehatan bagi warga binaan di Poliklinik Lapas Narkotika Karang Intan, berbincang dengan dr. Nanda selaku petugas kesehatan mengenai keadaan kesehatan dan penyelenggaraan kesehatan warga binaan, dan dirinya berharap pendokumentasian rekam medis dan pembenahan ruang pemeriksaan untuk layanan yang lebih optimal, juga dalam rangka mewujudkan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun 2022.

Kunjungan Direktur dan Kadivpas di Lapas Narkotika Karang Intan kali ini, diakhiri dengan melihat dan menikmati suasana pembinaan kemandirian yang berada di area Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Lapas Narkotika Karang Intan, sambari memberikan pakan ikan-ikan Koi pada kolam-kolam yang berada di SAE.

WhatsApp Image 2022 05 19 at 13.56.04WhatsApp Image 2022 05 19 at 13.56.04WhatsApp Image 2022 05 19 at 13.56.04WhatsApp Image 2022 05 19 at 13.56.04

Red – Arbiansyah

Dok – M Yoshfian Rahman

Ed – Lukman Hendru


Cetak   E-mail