SOUL OF SPEAKING INDONESIA BEKALI JAJARAN LAPAS NARKOTIKA KARANG INTAN “SERVICE EXCELLENT”

 WhatsApp Image 2022 05 10 at 14.17.18

Karang Intan, INFO_Pas – Bertempat di Aula Ruang Kunjungan, jajaran Pejabat Struktural dan Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, terima pelatihan “service excellent” yang disampaikan oleh Linda Kartika Dewi dari Soul of Speaking Indonesia, Selasa (10/5/22).

Kegiatan dibuka dengan bersama-sama melakukan senam otak, menirukan berbagai gerakan yang ditampilkan pada tayangan, untuk meningkatkan konsentrasi dan mengurangi ketegangan sebelum dimulainya materi. Adapaun materi yang disampaikan, mengenai komunikasi efektif untuk pengembangan layanan publik yang lebih baik bagi Lapas Narkotika Karang Intan.

“Komunikasi yang efektif adalah proses pertukaran ide, pemikiran, pengetahuan dan informasi sedemikian rupa sehingga tujuan atau niat dapat terpenuhi dengan sebaik mungkin. Dengan kata sederhana, ini tidak lain adalah penyajian pandangan oleh pengirim dengan cara yang paling dipahami oleh penerima,” ucap Linda mengawali materinya.

Lebih lanjut, Linda menjelaskan bahwa keberhasilan komunikasi sangat ditentukan oleh bahasa tubuh, oleh karena itu penting bagi jajaran Lapas Narkotika Karang Intan untuk juga bisa mempraktikan komunikasi non verbal dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

“Komunikasi terdiri dari komunikasi verbal, yakni dengan kata-kata, sedangkan komunikasi non verbal, yakni dengan bahasa tubuh. 70 % keberhasilan komunikasi ditentukan oleh komunikasi non verbal, selalu terapkan 3S, senyum, sapa dan salam,” lanjutnya.

Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo mengungkapkan bahwa pelatihan yang diikuti jajarannya selain sebagai wujud pelayanan prima yang diberikan kepada pengguna layanan, juga upaya pelaksanaan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun 2022.

“Pelatihan service excellent ini saya rasa sangat baik, utamanya dalam kita mempersiapkan petugas, yang memang berhadapan langsung dengan pengguna layanan, di tengah kita juga dalam proses pembangunan zona integeritas, menuju satuan kerja berpredikat WBK tahun 2022, jadi service excellent ini sangat-sangat berguna,” pungkasnya singkat.

Pada akhir sesi, perwakilan Pejabat Struktural dan Petugas diberi tantangan untuk berani maju ke depan untuk tampil mempraktikan komunikasi yang efektif dan berani mengutarakan pemikiran di depan khalayak umum.

WhatsApp Image 2022 05 10 at 14.17.18 1WhatsApp Image 2022 05 10 at 14.17.18 1WhatsApp Image 2022 05 10 at 14.17.18 1WhatsApp Image 2022 05 10 at 14.17.18 1

Red – Arbiansyah

Dok – M Yoshfian Rahman

Ed – Lukman Hendru

Cetak