KENAKAN PAKAIAN ADAT, KALAPAS KARANG INTAN & JAJARAN PERINGATI HARI LAHIR PANCASILA 2021

PANCA1

Karang Intan – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (KaLapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Wahyu Susetyo beserta seluruh jajaran pejabat struktural dan petugas Lapas Karang Intan, Selasa (01/06) laksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 dengan mengenakan pakaian adat nusantara.

Upacara peringatan hari lahir Pancasila rutin dilaksanakan setiap tahun, dengan tujuan untuk mengingat Pancasila sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas dan kewajiban sehari-hari, menerapkan butir-butir Pancasila dalam melawan tantangan zaman dan menerapkan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari guna memperkokoh persatuan dan kesatuan antar sesama.

Di tengah masih mewabahnya pandemic Covid-19, upacara peringatan hari lahir Pancasila dilaksanakan secara virtual live streaming di kanal Youtube BPIP langsung dari Istana Bogor, Jawa Barat. Pada peringatan hari lahir Pancasila 2021, BPIP mengusung tema "Pancasila dalam TIndakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh".

Kalapas Karang Intan, dalam keterangannya mengatakan antusiasme seluruh petugas Lapas Karang Intan dalam mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2021.

“Seluruh petugas Lapas Karang Intan antusias dan semangat mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila, dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di nusantara, juga sebagai wujud jiwa nasionalisme yang tinggi, memberikan penghormatan sebagai perlambangan jiwa patriotisme terhadap Pancasila,” ujar Kalapas.

PANCA2

Lebih lanjut, Kalapas yang juga merupakan alumni Poltekip Pemasyarakatan ini menyampaikan, upacara peringatan hari lahir Pancasila 2021 di Lapas Karang Intan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, sehingga sebagian petugas mengikut upacara dari rumah masing-masing, agar tidak terjadi kerumunan orang di satu titik dengan tanpa memperhatikan jarak.

“Yang hadir pada kegiatan hari ini, pejabat struktural dan perwakilan masing-masing seksi bidang, petugas yang tidak hadir wajib mengikuti kegiatan upacara di rumah masing-masing dengan tetap mengenakkan pakaian adat, nanti mereka mengirimkan dokumentasi bahwa telah mengikuti kegiatan yang dimaksud, mengapa demikian, karena kita tetap memperhatikan protokol kesehatan dan agar tidak berkerumun di satu tempat,” tutup Wahyu menerangkan.

Pelaksanaan upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2021 di Lapas Narkotika Karang Intan berjalan dengan lancar dan kondusif, kegiatan ditutup dengan berfoto bersama.

PANCA3

Kontributor – Arbiansyah

Editor – Lukman Hendru


Cetak   E-mail