ANTUSIAS WBP LAPAS BANJARMASIN DALAM KEGIATAN PESANTREN RAMADHAN 1442 H

82

Banjarmasin_Info_PAS- Dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan Lapas Banjarmasin Memberikan Pembinaan Kepribadian berupa Pesantren Ramadhan “Membina Insan Pemimpin Fardhu Khifayah” kepada Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Banjarmasin.

Pada kegiatan  kali ini pelaksanaan Pesantren Ramadhan mengusung materi Tata Cara Pelaksanaan Fardhu Khifayah yang bertempat di Masjid Baabut Taqwa Lapas Banjarmasin, pada hari Selasa (13/04/2021) adapun kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari  tanggal  13-15 April yaitu hari Selasa, Rabu, dan Kamis pada bulan suci Ramadhan 1442 H dan di ikuti 100 orang warga binaan pemasyarakatan Lapas Banjarmasin peserta Pesantren Ramadhan.

Pelaksanaan Pesantren Ramadhan ini bertujuan agar WBP mendapat pengetahuan dalam menyelenggarakan Fardhu Khifayah dan dapat bermanfaat dimasyarakat setelah bebas menjalani pembinaan di Lapas Banjarmasin.

Dalam Pelaksanaan kegiatan ini Lapas Banjarmasin bersinergi dengan Kementerian Agama Kota Banjarmasin untuk menjadi pemateri dalam kegiatan Pesantren Ramadhan yaitu Praktek Penyelenggaraan Fardhu Khifayah kepada Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Banjarmasin.

Selanjutnya turut hadir bapak Bambang Hari Widodo selaku Kasi Bimbingan Narapidana/Anak Didik, bapak Muhammad Junaidi selaku Kasubsi Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan, H. Akhmad Syahrani selaku Kasi Bimbingan Masyarakat Islam, serta Petugas Lapas Banjarmasin.

Kegiatan ini dibuka dengan membaca “Bismillahirrahmanirrahim” kemudia dilanjutkan dengan lantunan ayat suci Alquran oleh salah satu Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Banjarmasin agar WBP Peserta Pesantren Ramadhan dapat menerima pembinaan dengan lancar dan khitmat.

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh ampunan dan penuh berkah, dan semua umat muslim terutama warga binaan pemasyarakatan Lapas Banjarmasin harus bisa memanfatkan dan mengisi bulan ini dengan TAQARUF ILLALLAH yaitu mendekatkan diri pada Allah dengan cara rajin beribadah dan selalu ingat kepada Allah, Lapas Banjarmasin menggelar Pesantren Ramadhan guna membina dan mencetak warga binaan pemasyarakatan Lapas Banjarmasin menjadi Pemimpin yang dapat memberikan manfaat kepada sesama terutama tentang Praktek Penyelenggaraan Fardhu Khifayah sehingga setelah bebas dari Lapas Banjarmasin alumni WBP Lapas Banjarmasin dapat memperaktekan tata cara menyelenggarakan Fardhu Khifayah dimasyarakat, ucap bapak Bamabang Hari Widodo selakuk Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak DIDIK.

Momentum yang sangat mulia ini jangan sampai terlewatkan, terutama pada saat pemberian materi Fardhu Khifayah, ikuti dengan seksama dan antusias agar semua peserta Pesantren Ramadhan disini faham apa yang disampaikan Pemateri kepada rekan-rekan sekalian dan semoga menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua, ucap H. Akhmad Syahrani selaku Kasi Bimbingan Masyarakat Islam.

Dilanjutkan dengan penyematan  ID CARD secara simbolis  sebagai Pembukaan kegiatan Pesantren Ramadhan oleh 2 orang WBP yang mewakili peserta Pesantren Ramadhan Fardhu Khifayah yang disematkan oleh Bambang Hari Widodo selaku Kasi Bimbingan Narapidana/Anak Didik dan bapak H. Akhmad Syahrani selaku Kasi Bimbingan Masyarakat Islam.

Sebelum acara ditutup bapak H. Akhmad Syahrani selaku Kasi Bimbingan Masyarakat Islam “Bermadihin” untuk memberikan semangat dan hiburan kepada warga binaan pemasyarakatan Lapas Banjarmasin sebagai peserta Pesantren Ramadhan Fardhu Khifayah.

Kegiatan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh bapak H. Akhmad Syahrani selaku Kasi Bimbingan Masyarakat Islam, kegiatan berjalan dengan lancar dengan harapan Warga Binaan Pemasyarkatan dapat menjadi Insan yang dapat menyelenggarakan Fardhu Khifayah di masyarakat serta memberikan bermanfaat kepada sesama.

88

84

83

85

Foto;teks;agung prastya


Cetak   E-mail