JELANG PILKADA 2020, WARGA BINAAN LAPAS KARANG INTAN REKAM E-KTP

CAPIL1

Karang Intan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banjar, Senin (30/11) lakukan perekaman data kependudukan bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Sebanyak 34 orang warga binaan yang berasal dari Kabupaten Banjar, ikuti kegiatan tersebut. Mereka antri sejak pagi untuk menunggu giliran perekaman data, yang dilakukan di mobil layanan Disdukcapil Banjar.

Kepala Subseki Registrasi, Matran mewakili Kepala Lapas Karang Intan, Sugito menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud Lapas Karang Intan memfasilitasi  perekaman data kependudukan warga binaan guna penyaluran hak pilih pada gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 09 Desember 2020,  mendatang.

“Kegiatan ini untuk merekam data kependudukan warga binaan, yang berasal dari Kabupaten Banjar, sebanyak 34 orang. Juga merupakan wujud Kita memfasilitasi warga binaan untuk menyampaikan hak pilih nya Desember mendatang,” ujar nya.

CAPIL2

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil Banjar, Pusaro Riyanto dalam keterangganya mengatakan bahwa kegiatan ini kerjasama KPU dengan Disdukcapil Banjar sebelum pelaksanaan Pilkada 2020, perekaman data bagi warga binaan yang ada di beberapa Lapas yang ada di Kabupaten Banjar.

“KPU bekerjasama dengan Disdukcapil Banjar untuk kegiatan ini, pelaksanaan perekaman data kependudukan nya dilakukan oleh Capil, data tersebut nantinya untuk pemenuhan hak pilih warga binaan, khusus nya warga Banjar yang ada di Lapas Karang Intan,” ujar Pusaro.

Salah seorang warga binaan asal Martapura yang mengikuti perekaman, Fahri yang telah menjalani pembinaan selama 4 tahun di Lapas Karang Intan mengatakan, selama ini tidak mempunyai fisik e-KTP, sejak dirinya ditangkap atas kasus yang sedang dijalani, sehingga antusias mengikuti perekaman.

“Saat ini belum mempunyai KTP, dulu punya, cuman sejak ditangkap, sudah tidak ada KTP nya. Hari ini perekaman data, dan akan mendapatkan e-KTP baru, cukup senang,” tutup nya.

Kegiatan perekaman data bagi warga binaan ini berlangsung dengan lancar, tidak ada kendala berarti hingga selesai tepat waktu. Pada kegiatan tersebut, turut dihadiri perwakilan dari KPU, Bawaslu dan Kepolisian Sektor Karang Intan.

CAPIL3

Arbiansyah


Cetak   E-mail