GANDENG SPN POLDA KALSEL, LAPAS KARANG INTAN BEKALI PETUGAS TEKNIK PENGENDALIAN HURU HARA

DALMAS1

Karang Intan - Bertempat di halaman depan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, puluhan petugas ikuti kegiatan pelatihan pengendalian masa (Dalmas) bekerja sama dengan Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Polda Kalimantan Selatan, Selasa (10/11).

Kepala Lapas (Kalapas) Karang Intan, Sugito dalam keterangannya mengatakan kegiatan ini merupakan upaya Lapas Karang Intan menjaga keamanan dan ketertiban di Lapas, mencegah serta meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib). Karena itu petugas harus tanggap dan dirasa perlu diberikan pelatihan khusus dalam pengamanan.

“Kegiatan pelatihan dalmas ini salah satu upaya Kita, untuk menjaga agar Lapas Karang Intan tetap tertib dan aman, meminimalisir kemungkinan adanya gangguan Kamtib, sehingga petugas perlu keahlian dalmas ini”, tutur nya.

DALMAS2

Lebih lanjut Sugito mengatakan, pelatihan Dalmas sangat penting dilakukan, meskipun di Lapas Karang Intan tidak pernah terjadi kerusuhan, namun kesiapsiagaan ini tetap dirasa perlu dilakukan untuk menjaga ketertiban dan keamanan, serta meningkatkan kapabilitas bagi para petugas.

“Alhamdulillah di Lapas Karang Intan hingga saat ini tidak pernah terjadi kerusuhan, dan Kita berharap tidak pernah terjadi, namun kesiapsiagaan petugas tetap kita persiapkan, termasuk kegiatan yang sedang kita laksanakan ini, juga membentuk petugas yang handal, mempunyai kemampuan dan ketahanan fisik, sehingga dapat menjalankan tugas dengan optimal” jelasnya lebih lanjut.

Pelatihan dilaksanakan mulai pukul 08.00-17.00 Wita, instruktur pelatihan dari SPN Polda Kalsel, diisi dengan kegiatan pengendalian huru hara, bela diri praktis, latihan baris-berbaris dan pelatihan menggunakan peralatan, seperti tali, tameng dan lainnya.

DALMAS3

Salah satu petugas yang mengikuti kegiatan tersebut, Fathur mengatakan sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan ini, karena dirasa penting, untuk meningkatkan kemampuan diri dalam mendukung pelaksanaan tugas sehari-hari.

“Meskipun melelahkan, kegiatan kali ini sangat bermanfaat karena Kami dibekali ilmu- ilmu pengetahuan dalam menjaga keamanan juga bisa merefresh kembali kondisi fisik, kesigapan kami dalam bertugas,” tutup nya.

DALMAS5

Arbiansyah

 

IG @lapasnarkotika_karangintan

Twitter @lpn_karangintan

WA +62 852 5157 4446

Cetak