15 Inovasi Program LPP Martapura Siap WBK

Meraih pengharagaan langsung dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan, LPP Martapura yang masuk dalam UPT diusulkan ke Kementerian Hukum dan HAM dalam pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi gencar melakukan inovasi program.
melalui Rapat Monitoring dan Evaluasi Pembanguan Zona Integritas, Senin(22/06), Prayitno selaku ketua menyampaikan paparan terkait hasil berita acara penilaian ZI oleh Tim Penilai Internal (TPI). " ada beberapa hal yang harus kita tingkatkan di 6 area perubahan berdasarkan data dukung yang sudah kita penuhi. Salah satunya adalah inovasi-inovasi yang harus lebih efektif dan efesien dalam mewujudkan pelayanan prima Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Martapura. Maka dari itu hari ini akan kita bahasa inovasi yang dapat kita implementasikan untuk LPP Martapura" jelasnya mengawali rapat.
Monitoring dan Evaluasi yang dimulai pukul 09.00 WITA itu diikuti oleh masing-masing ketua tim pokja beserta anggota. Evaluasi
Setiap area perubahan yang disampaikan sebari diskusi singkat untuk melakukan pembenahan data dukung.
Setelah paparan hasil evaluasi, Seluruh anggota bersama-sama mendengarkan Inovasi yang mungkin bisa di implementasikan di LPP Martapura terkait hasil studi tiru di LPP semarang tahun lalu dari salah satu anggota. salah satu Inovasi yang diinisiasi yakni program "ASMARA (Aspirasi Mereka). Program ASMARA ini merupakan optimalisasi Sosialisasi sekaligus penyerapan aspirasi dari Warga Binaan dan juga masyarakat. Program ini direncanakan akan dilaksanakan secara rutin dua minggu sekali untuk mendengarkan pengaduan, keluhan, kritikan, dll terkait pelayanan yang diberikan. Pelaksanaan bisa langsung diambil alih oleh Kalapas ataupun pejabat berwenang dibantu oleh jajaran.
tentunya program ini dianggap mampu untuk melihat dan mengetahui situasi terkini pelayanan yang sangat berdampak untuk peningkatan pelayanan kedepan.
Terdapat 14 program lagi yang akan dikonsep lebih dalam lagi agar pelaksanaan secara menyeleruh dan dapat dilaksanakan oleh seluruh jajaran petugas yang diantaranya program PEWARNA (Peduli Warga Binaan), PINTU (Pelaksanaan Rutin Test Urine), B'Jo (Bina Jasmani dan Olahraga), Kindai Warna Permata (Program asimilasi dan belajar berproduksi), SEHATI (Sumbangan Harapan dan Empati), Sanggar Tari Warna Pasutri, Cek VCT, Pelatihan kemandirian, Dapur Warna Permata, dll.
Yunengsih, selaku Kalapas sangat mendukung seluruh program inovasi yang direncanakan. Beliau berharap perjalanan yang tidak mudah hingga mendapatkan apresiasi langsung dari Plt. Dirjen Pemasyarakatan tersebut harus menjadi pemicu semangat untuk menghadapi tantangan mewujudkan LPP Martapura sebagai UPT Pemasyarakatan yang benar benar bersih dari Korupsi dan pelayanan prima.
Hasil rapat evaluasi pembangunan Zona Integritas pagi itu salah satunya adalah seluruh Tim Pokja agar melakukan pemenuhan data dukung TPI melalui inovasi yang direncanakan implementasinya 1 bulan kedepan.

 

WhatsApp Image 2020 06 22 at 08.19.03 4WhatsApp Image 2020 06 22 at 08.19.03 4WhatsApp Image 2020 06 22 at 08.19.03 4

 

 

Kontributor: Syahid Al Faqih

Cetak