Hemat Besar Manfaat, Pipa Paralon Bahan Dasar Box Sterilisasi LPP

Terus berikhtiar, langkah-langkah pencegahan Virus Corona/Covid-19 terus gencar dilakukan oleh Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Martapura. Kali ini instruksi Kalapas yakni inovasi membuat box sterilisasi untuk petugas dan orang yang berlalu lintas masuk dan keluar Lapas, Selasa (24/03). Hal itu dijelaskan oleh Syarifuddin selaku Kaur Umum."Kita diinstruksikan untuk sesegaranya membuat box sterilisasi oleh Kalapas. Hari ini kita coba membuatnya agar besok atau Lusa sudah bisa digunakan"terangnya. Pembuatan box sterilisasi yang dimaksud, merupakan salah satu langkah efektif dan efesien untuk mensterilkan sekaligus mencegah virus/bakteri yang menempel di seluruh bagian tubh hingga pakaian.
Menariknya, Box sterilisasi yang dijual di pasaran hingga puluhan juta rupiah tersebut di buat oleh Syarifuddin beserta jajaran staff umum dengan biaya yang cukup hemat dan optimal. Murah meriah namun besar manfaatnya, mungkin bisa dicoba ataupun direkomendasikan untuk sesama dalam upaya mencegah virus Corona/Covid-19.
Pasalnya, bahan dasar pembuatan Box Sterilisasi ini adalah pipa Paralon yang mudah didapatkan. Selain itu juga menggunakan alat pompa air mini bertekanan kecil, dan mulut semprot uap.
Seluruh bahan dirakit, hingga membentuk box berkapasitas 1 orang untuk lalu lintas petugas atau orang yang masuk ke dalam Lapas. Proses perakitan yang berlangsung kurang lebih 4 jam tersebut ditutup dengan proses finishing penyetelan arah mata uap di seluruh bagian tubuh.
"Besok akan kita simulasikan sekaligus pasangkan penutup berupa plastik sehingga embun/uap tidak membasahi bagian teras lain diluar lalu lintas. Hari kamis semua sudah bisa dioperasionalkan dan membantu proses strelisasi khususnya petugas" tambah Syarifuddin. Menurut keterang yang disampaikan, Cairan disinfektan yang akan digunakan juga akan dibuat sesuai ketentuan dan anjuran dari petugas kesehatan agar tetap aman dan nyaman untuk petugas mengingat Cairan Disinfektan dipasaran sudah mulai susah didapatkan.

WhatsApp Image 2020 03 24 at 17.35.28WhatsApp Image 2020 03 24 at 17.35.28

 

Kontributor: Syahid Al Faqih


Cetak   E-mail