SUGITO PIMPIN LANGSUNG PEMBERSIHAN LINGKUNGAN SEKITAR LAPAS KARANG INTAN

BRSH1

Karang Intan – Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Sugito, S.Sos, Sabtu (15/2) pimpin langsung jajarannya untuk terlibat dalam kegiatan pembersihan lahan sekitar Lapas. Kegiatan ini melibatkan seluruh pejabat, pegawai dan warga binaan Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan.

Rumput-rumput semakin rimbun semak belukar semakin lebat, menutupi jalur menuju pos atas, juga menjadi salah satu alasan pelaksanaan kegiatan bersih-bersih lingkungan ini dilakukan.

Kepala Kesatuan Pengalaman Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Rustam Efendy, SH dalam arahannya mengatakan, partisipasi semua pegawai dalam kegiatan kebersihan ini, karena jalur menuju pos atas sangat berbahaya jika tidak dibersihkan.

“Musim hujan, semak belukar semakin tinggi, bahaya jika banyak hewan liar pada jalur menuju pos atas, bahaya jika ada ular. Oleh karena itu, keterlibatan semua pegawai yang tidak mempunyai kesibukan di Sabtu pagi, untuk terlibat dalam kegiatan krida hari ini”, ucapnya.

Kegiatan ini juga melibatkan 19 orang warga binaan dengan status tamping (tahanan pendamping) dengan pengawalan yang dilakukan oleh petugas pengamanan.

“Karena kegiatan hari ini juga melibatkan warga binaan, maka para pegawai diharapkan ikut mengawasi warga binaan yang terlibat dalam kegiatan bersih-bersih lingkungan hari ini”, lanjut Rustam.

Pembersihan lingkungan luar Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan, dimulai dari masing-masing sisi  luar, menuju jalur belakang Lapas. Menggunakan mesin pemotong rumput, parang, cangkul, dan perlengkapan kebersihan lainnya, mereka saling bantu membantu dalam bekerja.

Sugito, dalam keterangannya mengatakan kegiatan ini selain sebagai pembersihan jalur, dan lingkungan Lapas, juga sebagai wujud implementasi resolusi pemasyarakatan “Mewujudkan ketahanan pangan melalui penanaman tanaman pangan seluas 100 ha”

“Nantinya lahan itu akan kita bersihkan, kemudian akan dibuka lahan pertanian, kita siapkan untuk ditanami tanaman pangan, sesuai dengan salah satu poin yang ada pada resolusi pemasyarakatan 2020”, tutupnya.

Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan serius dalam menerapkan resolusi pemasyarakatan 2020, salah satu nya dengan akan dibukanya lahan pertanian pada lingkungan Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan.

BRSH3 3BRSH3 3

BRSH2

Arbiansyah


Cetak   E-mail