Giliran Petugas Unjuk Bakat di Meriahnya PHI, Ini Keseruannya

Menutup kegiatan akhir tahun, boleh dikatakan bulan ini merupakan bulan padat kegiatan yang dilaksanakan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Martapura. Kegiatan SATOPS PATNAL (Satuan Operasional Kepatuhan Internal), Pembinaan Wawasan Kebangsaan petugas dan warga binaan, hingga pelaksaanan Upacara Peringatan besar lainnya dirasa sedikit menguras tenaga. Juga tak luput, LPP Martapura sebagai objek anjangsana rangkaian peringatan Hari Ibu yang dilaksanakan oleh Oraganisasi Wanita Kalimantan Selatan dan juga Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Banjar yang dengan segala persiapan penyambutannya. Akan tetapi padatnya kegiatan tak menurunkan semangat seluruh petugas yang telah bersama-sama berkomitmen untuk mengawali pergantian tahun dengan penuh semangat dan mental yang kuat sehingga seluruh kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. 

Salah satu kegiatan sebari menjadi hiburan untuk seluruh petugas di bulan ini adalah kemeriahan beragam perlombaan dalam memperingati Hari Ibu. Kemeriahannya kembali dirasakan oleh jajaran petugas melalui lomba Fashion Show, membaca puisi, memasak, dan menghias Tumpeng. Rose Mery Kusuma Dewi selaku Koordinator Seksi Acara Peringatan Hari Ibu LPP Martapura menyampaikan bahwa kemeriahan kegiatan harus dirasakan oleh seluruh petugas dan juga warga binaan. " Kemarin kita telah melaksanakan rangkaian kegiatan lomba untuk warga binaan, hari ini kita adakan lomba fashion kebaya dan lomba menghias tumpeng untuk petugas Perempuan, fashion show Pakaian Adat dan lomba memasak dengan kriteria ayam berkuah untuk petugas laki-laki, ada juga lomba baca puisi. Kita bikin seheboh mungkin, agar bisa mengurangi stress dari rutinitas kerja yang begitu padat" ujarnya.
Bertempat di Aula Kunjungan LPP Martapura, pelaksaan lomba dinilai oleh dewan juri dari beberapa elemen yang diharapkan mampu memberikan penilaian objektif. Dewan juri tersebut diantaranya Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak Martapura, Dharma Wanita Persatuan LPKA dan LPP. Kegiatan yang dilaksanakan pukul 10.00 WITA itu diawali dengan sambutan Yunengsih selaku Kalapas. " Terimakasih atas kehadiran seluruh dewan juri dan juga jajaran petugas Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Martapura dalam memeriahkan Peringatan Hari Ibu Tahun ini. Semoga perlombaan berjalan dengan lancar dan penilaian saya rasa akan objektif karena menghadirkan dewan juri dari unsur lain. Semoga kegiatan ini memicu semangat seluruh petugas untuk terus berkarya dan berinovasi dalam berkinerja" jelasnya. Yunengsih juga berkesempatan membacakan untaian kata mutiara berjudul "Wanita Hebat" kepada seluruh petugas dan warga binaan mengikuti dan menyaksikan kegiatan.

"Wanita hebat

Wanita hebat bukan karena cantik, kaya, pintar dan buka pula karena disampingnya ada lelaki gagah perkasa.

Wanita Hebat adalah wanita yang mampu menyelesaikan masalah, mampu berdoa dan yakin semua akan berlalu, memproses kehidupan dengan baik, bersabar saat tertekan, wanita yang tersenyum saat hatinya menangis, diam saat terhina, mempesona karena memaafkan, mampu membalut luka hati, mampu memendam amarah dengan selalu tersenyum, serta mampu menghapus dendam dengan maafkan."

Bak menjadi angin segar untuk semua, kata-kata bijak yang sederhana namun penuh makna.
Kegiatan dilanjutkan dengan lomba Fashion show petugas. Tak mau kalah, Kalapas dan seluruh pejabat Eselon IV dan Eselon V melakukan parade peragaan busana mengawali fashion show sebelum 14 peserta fashion show tampil diahadapan seluruh penonton. Warna-warni kebaya dan indahnya peragaan busana yang dipersembahkan membuat suasana pagi menjelang siang itu semakin meriah.
Kemeriahan itu juga dihiasi dengan suasana haru dari bait puisi yang dibacakan oleh petugas yang mengikuti lomba baca puisi dengan tema "Ibu".
Usai lomba pembacaan puisi, seluruh petugas yang telah ditentukan kelompoknya kembali mengikuti lomba lanjutan yakni menghias tumpeng dan memasak. Dengan durasi 30 menit, seluruh kelompok sangat antusias dan penuh konsentrasi untuk memberikan yang terbaik. Petugas laki-laki yang sibuk dengan masakan ayam berkuah sedangkan petugas perempuannya terlihat riuh dengan hiasan tumpeng uniknya. 30 menit berlangsung semua petugas menyelesaikan kegiatan memasak dan menghias tumpeng. Tentunya dewan juri yang berkeliling melihat seluruh proses lomba memberikan penilaian untuk kebersihan, , kerjasama ,keunikan, Rasa, Tampilan dan Penyajian. Diantara hasil memasak petugas laki-laki yakni Ayam Masak Kecap, Ayam Kuah Kuning, Ayam Asam Manis, dan Sop Ayam yang keluar sebagai juara pertama. Sedangkan menghias tumpeng dimenangkan oleh Hiasan Tumpeng Barbie yang begitu unik dan menarik.
Seluruh pemenang nantinya akan diberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi pada puncak kegiatan PHI LPP Martapura yang rencananya akan dilaksanakan pada malam Tahun Baru mendatang.

petugas9

 petugas6

Kontributor: Syahid Al Faqih


Cetak   E-mail