SPNF SKB Evaluasi Keterampilan Payet Warga Binaan

Setelah melakukan beberapa tahap lanjutan pelatihan kerajinan tangan aneka keterampilan Payet Khas Banjar, Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB) Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar pada Selasa (03/12) melakukan uji keterampilan atau evaluasi keterampilan payet warga binaan. Sebanyak 20 warga binaan yang telah mengikuti beberapa tahapan pelatihan yang mulai dilaksanakan pada bulan Oktober 2019. Selama kurang lebih dua bulan pelatihan, SPNF SKB bermaksud untuk melihat sejauh mana keterampilan warga binaan dalam melakukan secara mandiri keterampilan payet yang telah diajarkan.
Sekitar pukul 08.30 WITA, uji/evaluasi keterampilan payet dimulai. Tim dari SPNF SKB yang hadir pun melengkapi beragam perlengkapan yang siap untuk dikreasi oleh warga binaan. Bertempat di Ruang Kunjungan LPP Martapura, kegiatan berjalan dengan lancar. Tim penilai pun tak segan untuk memberikan sedikit arahan kepada warga binaan yang memilki hambatan dalam mengkreasikan payet. Beragam perlengkapan dan hiasan payet berwarna-warni yang telah disediakan dirangkai dengan apik dan disiplin oleh masing-masing warga binaan.
kurang lebih 4 jam proses merangkai payet selesai dilakukan oleh warga binaan. Dilihat dari Hasilnya, warga binaan secara umumnya telah menguasai dasar dalam pembuatan payet. Seluruh karya payet warga binaan sangat manarik dan beragam baik bentuk maupun warna.
“Warga binaan yang telah ditunjuk untuk mengikuti pelatihan ini, kita rasa telah cukup mampu untuk melakukan secara mandiri kerajinan tangan payet ini. Kita juga berharap pendampingan kerajinan tangan ini dapat terus dilakukan untuk meningkatkan keterampilan yang sudah dimiliki agar lebih terampil dan dapat berinovasi secara mandiri. Setelah hasil evaluasi ini kita akan mencoba membuat karya payet yang kita harapkan akan bernilai dari sisi ekonomis” tutur Rose Mery Kusuma Dewi, Kasubsi Bimbingan Kerja dan Lohasilker LPP Martapura.
Menurut keterangan, setelah evaluasi keterampilan ini selanjutnya akan diserahkan bantuan kepada LPP Martapura dari SPNF SKB Dinas Kabupaten Banjar untuk mendukung program pembinaan warga binaan. Yunengsih, selaku Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Martapura sangat berterimkasih atas kepedulian SPNF SKB yang telah membantu proses pembinaan warga binaan agar lebih mandiri berbekal keterampilan kerajinan tangan. “Terimakasih atas segala dukungan yang telah diberikan. Dengan jumlah warga binaan yang hampir mencapai angka 500 ini, kita sangat memerlukan dukungan dari Instansi-instansi yang dapat bekerjasama dalam melaksanakan pembinaan agar lebih optimal, produktif, berdaya guna dan berhasil guna.” jelasnya.

WhatsApp Image 2019 12 03 at 10.56.55WhatsApp Image 2019 12 03 at 10.56.55

 

Kontributor: Syahid Al faqih


Cetak   E-mail