LPP Ikuti Latihan Menembak Bersama Kodim 1006 Martapura

(Selasa,03/09/2019) Bertempat di Latihan Menembak Korem 101 Antasari Banjarbaru, sebanyak 30 petugas LPP Martapura mengikuti latihan menembak bersama Kodim 1006 Martapura. Latihan bersama yang juga diikuti langsung oleh Kalapas Perempuan Martapura dan Dandim 1006 Martapura tersebut berlangsung antusias. Berlangsung kurang lebih 3 jam, latihan bersama sangat bermakna. Pasalnya latihan bersama yang dilakukan, menurut Letkol Arm Siswo Budiarto selaku Dandim 1006 Martapura selain bertujuan untuk meningkatan keterampilan pengamanan di Lapas juga sebagai dukungan bantuan pengamanan yang lebih luas. "Ikuti instruksi dari pengawas. Lakukan tekhnik menembak dengan sebaik- baiknya. Jangan kaget, rasakan pengalaman menembaknya. Satu peluru adalah nyawa. Maka dari itu jangan main-main dan lakukan dengan serius. Latihan ini juga dilakukan dengan maksud agar menyiapkan petugas lapas yang dapat berkontribusi jika diperlukan sewaktu-waktu. Hari ini kita latihan menembak dan untuk kesempatan berikutnya kita akan berikan latihan mengatasi gangguan senjata." jelasnya dalam pengarahan singkat kepada jajaran petugas LPP Martapura.
Latihan yang dimulai pukul 09.00 WITA Tersebut diawali dengan pengarahan dan praktik singkat yang disampaikan oleh Irman S dan Kurnia dari jajaran anggota Kodim 1006 Martapura.
Tekhnik menembak yang disampaikan oleh Irman S mengacu pada tekhnik dan faktor yang dapat mempengaruhi penembak dan hasil tembakan. "Siapkan mental, tidak usah ragu dan takut. Lakukan tekhnik yang disampaikan oleh pelatih. Jangan takut kepanasan. Bidik sasaran dengan tenang. Angin dan cuaca siang ini sangat mempengaruhi. Usahakan tetap fokus dan serius agar tekhnik mampu dilakukan dengan disiplin" jelasnya. Kurnia, yang juga bertindak sebagai pengawas dan pelatih latihan tembak bersama siang itu menambahkan penjelasan mengenai senjata yang akan digunakan dalam proses latihan. "Kesempatan latihan kali ini kita akan menggunakan senjata Laras panjang yakni M16 varian A1 untuk jarak jauh untuk seluruh peserta dan senjata laras pendek untuk komandan jaga, staff KPLP dan P2U
Untuk senjata Laras panjang M16 ini memilki jarak efektif 400m dengan jarak capai 2.670m. Berat senjata kosong adalah 3.2kg sedangkan Berat isi yakni 5.2kg. . Betul betul perhatikan apa yang menjadi penyampaian pendamping/pelatih. Juga perhatikan perlakuan penembakan seperti yang telah dijelaskan dan faktor keamanan"terangnya.
Yunengsih yang langsung memimpin doa sebelum pelaksanaan latihan menyampaikan agar seluruh jajaran petugas dapat menjaga keamanan dan ketertiban selama proses latihan berlangsung. "Ikuti aturan yang berlaku. Utamakan ketertiban, ikuti apa yang menjadi arahan pelatih. Jaga kebersih lingkungan area menembak dan evaluasi tekhnik menembak yang dilakukan hari ini" ungkapnya.
Seluruh jajaran petugas yang menjadi peserta latihan merasa sangat senang dengan tambahan pengalaman yang dirasakan hari ini. Tentunya pengalaman yang berharga ini bertujuan untuk meningkatkan tugas dan fungsi jajaran petugas untuk mewujudkan LPP Martapura yang aman dan kondusif.

IMG 3856

IMG 3856IMG 3856IMG 3856IMG 3856IMG 3856

 

Kontributor: Syahid Al Faqih


Cetak   E-mail