Surat Suara Berlebih TPS Sekitar jadi Solusi Hak Pemilih TPS 31 LPP Martapura

Kesiapan jajaran petugas LPP Martapura yang bertindak sebagai panitia pelaksana TPS 31 pada Rabu, 17 April 2019 ditandai dengan pelantikan panitia TPS 31 oleh KPPS yang dipimpin langsung oleh ketua KPPS 31, Nurul Kiptiyah selaku Kasi Binadik Lapas Perempuan Martapura. Pelantikan yang dimulai pukul 07.00 WITA tersebut melibatkan 9 Anggota kepanitiaan dari Ketua KPPS, sampai dengan anggota pengamanan. Tentunya pelantikan yang dilakukan bertujuan untuk mengokohkan komitmen anggota panitia TPS untuk bersama-sama menyukseskan pesta demokrasi Indonesia yang dilaksanakan pada hari ini di LPP Martapura.
Sebelum pelaksanaan pemungutan suara, Nurul Kiptiyah selaku ketua KPPS disaksikan oleh seluruh anggota membuka kotak suara yang masih bersegel. Kalapas LPP Martapura, Yunengsih juga memantau langsung proses pengecekan kembali tanda terima kelengkapan kotak suara yang telah diterima pada pukul 04.30 WITA oleh bagian logistik KPU Kabupaten Banjar.
Nurul Kiptiyah selaku ketua KPPS 31 menjelaskan bahwa terdapat sedikit kendala pada surat suara yang diterima. "Data pemilih yang kami dapatkan dengan jumlah surat suara yang diterima terdapat kekeliruan, tapi kita sudah konfirmasi satu hari sebelum pelaksanaan ini kepada pihak KPU, dan mereka siap untuk memberikan solusinya".
Sekitar pukul 09.30 WITA Pelaksanaan, Bupati Kabupaten Banjar bersama Dandim 1006 Martapura, Polres Kabupaten Banjar dan Forkopimda Kabupaten Banjar turut memantau fasilitas pemungutan suaran dan proses pelaksanaanya. Disela kunjungannya, Bupati Banjar, Khalilurrahman menanyakan kendala yang dihadapi dalam proses pelaksanaan pemungutan suara. Turut hadir petugas dari KPU Kabupaten Banjar yang menjelaskan solusi kekurangan surat suara di TPS 31 agar warga binaan dapat memberikan hak suaranya terhadap pemilu kali ini. " Setelah Jam 11 sampai 12 siang kita akan melakukan koordinasi dengan TPS sekitar untuk menyerahkan kelebihan surat suara agar bisa digunakan oleh LPP Martapura. Anggota kita siap untuk berkeliling mengumpulkan surat suara yang bisa digunakan oleh DPTB dari LPP Martapura" jelas Husnul.
Yunengsih menegaskan bahwa seluruh petugas 100% siap untuk melaksanakan seluruh proses pemungutan suara. "Kendala yang dihadapi kita hari ini semoga dapat teratasi. Kita akan siap sampai jam berapapun mulai dari pemungutan suara, perhitungan, penyelesaian administratifnya, sampai pengiriman kembali surat suara ke kantor Kelurahan. Kita semua berkomitmen untuk turut serta menyukseskannya".
Pemungutan suara berakhir pukul 15.30 WITA yang langsung dilanjutkan dengan penghitungan total suara dan penyelesaian administrasi pemungutan suara yang dapat diselesaikan pukul 23.30 WITA.

DSC01537DSC01537DSC01537DSC01537DSC01537DSC01537DSC01537DSC01537DSC01537DSC01537DSC01537

 

Kontributor: Syahid Al Faqih


Cetak   E-mail