Citakan Lapas Hijau, Warga Binaan LPP Ikuti Pelatihan Ini

Suasana hijau nan asri mungkin menjadi idaman oleh banyak orang. Ini artinya dengan suasana lingkungan yang hijau dan asri dapat menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan dalam pemanfaatan lingkungan dengan baik oleh masyarakat yang secara tidak langsung juga mendukung program pemerintah dalam menciptakan nuansa hijau dan asri.
Pemanfaatan lingkungan yang dimaksud adalah menggunakan secara bijak lingkungan yang ada, dengan kegiatan kegiatan penghijauan.
Atas dasar itu, Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Martapura dengan keterbatasan lahan yang dimilki mencoba memulai langkah kegiatan penghijauan dengan mengikuti kegiatan pelatihan hydroponik.
Kegiatan pelatihan hydroponik yang dilaksanakan pada Selasa, 4 Desember 2018 ini bekerjasama dengan Asri Hydro Farm yang diketuai oleh Asriansyah yang merupakan mahasiswa Fakultas Pertanian Program Studi Agroekotekhnologi Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru.
Bertempat di Aula Kunjungan Lapas Perempuan Martapura kegiatan pelatihan diikuti oleh 30 orang Narapidana dan petugas dari pembinaan dan bimbingan kerja Lapas Perempuan Martapura.
Yunengsih, Kalapas Perempuan Kelas IIA Martapura yang juga Berhadir dan membuka secara resmi kegiatan pelatihan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada Asri Hydro Farm yang menyempatkan ke LPP Martapura untuk berbagi pengalaman mengenai penghijauan yang banyak manfaat. "Lapas perempuan Martapura yang notabenenya memilki lahan yang terbatas, merupakan tantangan kita bersama untuk tetap mewujudkan LPP Martapura yang hijau dan asri. Pelatihan hydroponik yang dilaksanakan pada hari ini saya harapkan dapat diikuti, dilaksanakan, diamalakan dan ditularkan dengan baik kepada rekan lainnya dan semoga menjadi bekal untuk kembali ke tengah-tengah keluarga dan masyarakat nantinya. Manfaat yang berdaya guna dan berhasil guna ini dari pelatihan hydroponik siang hari ini semoga mendukung keberhasilan pembinaan Warga Binaan dan juga dapat menumbuhkan kemandirian nantinya" jelasnya.
Kegiatan pelatihan tersebut juga didasari oleh komitmen bersama lapas perempuan Martapura untuk menggerakan Warga Binaan pada dibidang pertanian . Komitmen itu diwujudkan dalam MOU yang ditandatangani oleh Kalapas Perempuan Martapura dan Asriansyah selaku ketua Asri Hydro Farm.
Asriansyah selaku pemateri dalam pelatihan tersebut juga merasa sangat antusias dalam memberikan pelajaran dan pengalaman tentang budi daya tanaman dengan cara hydroponik kepada warga binaan. Materi yang disampaikan diantara adalah kelebihan bercocok tanam dengan cara hydroponik yang mampu tumbuh tanpa menggunakan tanah, dapat tumbuh 2x lebih cepat, mampu menghemat air, bebas gulma, efesien nutrisi dan bebas pestisida. Agar lebih memahami, pemateri mengajak seluruh Warga Binaan yang mengikuti pelatihan untuk melakukan praktik langsung tentang budi daya tanaman dengan cara hydroponik.

WhatsApp Image 2018 12 04 at 15.01.37 4WhatsApp Image 2018 12 04 at 15.01.37 4WhatsApp Image 2018 12 04 at 15.01.37 4WhatsApp Image 2018 12 04 at 15.01.37 4WhatsApp Image 2018 12 04 at 15.01.37 4

 

Kontributor: Syahid Al Faqih

Cetak